Sukses

Kawat Gigi

08 Mar 2015, 21:00 WIB
Wanita, 43 tahun.

Diusia saya yg sudah 43 tahun, apakah bisa pasang kawat gigi ya Dok? Mengingat kondisi gigi saya yang tumpang tindih, bisa dibilang lumayan parah susunanya, dan sementara bagian gigi geraham kanan sudah dicabut dan bagian kiri sudah keropos. Mohon petunjuknya ya dok, terima kasih.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Sebelumnya Saya akan menjelaskan sedikit mengenai perawatan kawat gigi. Tujuan utama dari perawatan orthodontik (pemasangan kawat bracket) seperti yang Anda tanyakan tidak semata-mata untuk memperbaiki estetika pasien. Gigi yang posisinya tidak normal/berjejal/gigitan rahang atas dan bawah yang tidak normal dapat berpotensi untuk menimbulkan masalah lain yang lebih berat, oleh karena itu perawatan tersebut bertujuan untuk memperbaiki oklusi atau hubungan gigit antara gigi atas dan bawah, hingga didapat hubungan gigi geligi yang harmonis di dalam lengkung rahang yang normal, maka dengan sendirinya estetika wajah akan lebih baik daripada sebelum perawatan. Perawatan orthodontik tidak dapat dilakukan secara sembarangan, semua prosedur ada standar operasionalnya. Ada beberapa cara untuk mendapatkan ruangan yang dibutuhkan untuk menggeser gigi-gigi yang posisinya perlu diperbaiki, diantaranya adalah pencabutan gigi. Jadi tidak semua kasus harus ada gigi yang dicabut, bergantung pada seberapa besar kebutuhan ruang dan tentunya dicabut/tidaknya gigi baru dapat diputuskan setelah dokter gigi melakukan serangkaian pemeriksaan.

Perawatan orthodontik ini dapat dilakukan pada anak-anak dan orang dewasa, termasuk pada usia Anda. Untuk memastikan apakah pada kondisi rongga mulut dan gigi Anda dapat dilakukan perawatan dengan alat orthodonti atau kawat gigi maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi.

Demikian informasi yang dapat Saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar