Sukses

Mengapa Sariawan Timbul?

03 Mar 2015, 19:29 WIB
Pria, 33 tahun.

knp setiap selesai minum es dan makan berminyak, terlambat makan sariawan selalu timbul..saya dulu pernah kena typus dok mohon penjelasannya

 

Bapak/Saudara yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Halo! Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.

 

Stomatitis Aftousa Rekuren (SAR) atau yang dikenal juga dengan sariawan belum diketahui dengan pasti penyebabnya, tetapi terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan yaitu stres, perubahan hormon, infeksi virus dan bakteri, sensitivitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik dan anemia. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10-14 hari. Berdasarkan penuturan Anda maka bisa saja sariawan yang Anda keluhkan adalah karena trauma pada rongga mulut.

 

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan  tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini. Dan yang perlu diperhatikan adalah mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut  dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi  dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi makanan yang  mengandung vitamin dan mineral. Penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol secara berlebihan tidak baik terhadap kondisi jaringan mulut Anda.

 

Jika sariawan terus mengganggu, maka ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis Oral medicine (SpOM) agar dapat dipastikan diagnosis dan penyebabnya.

 

Berikut artikel yang dapat Anda baca:

Stomatitis Aphtous Reccurent/SAR (Sariawan)

Madu untuk Sariawan

Sariawan, Kurang Vitamin C?

 

Semoga penjelasan kami dapat diterima dengan baik dan keluhan Anda segera teratasi!

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar