Sukses

Nyeri Setelah Berolah Raga

02 Mar 2015, 09:47 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok, sehabis olahraga di beberapa bagian tubuh saya terasa sakit. Cara menghilangkannya dengan bagaimana ya? Terima kasih.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Nyeri otot yang muncul 1 hingga 2 hari setelah berolahraga dapat dialami oleh semua orang, hal itu merupakan keadaan yang normal biasanya tidak berlangsung lama sekaligus menandakan bahwa olahraga Anda sudah benar. 

Nyeri otot setelah aktivitas otot dikenal sebagai Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS), peristiwa ini sering terjadi bila kita memulai tipe olahraga baru, merubah gaya olahraga kita, atau menambah durasi dan intentistas olahraga. Saat otot bekerja lebih berat dibandingkan biasanya, terjadinya kerusakan mikroskopis pada serat otot yang menimbulkan rasa nyeri dan kaku. Semua bentuk gerakan yang tidak biasa Anda lakukan dapat memicu DOMS, terutama gerakan dimana terjadi kontraksi otot saat otot memanjang (eccentric muscle contraction). 

Mengenai cara penanganannya, pengobatan seperti kompres dingin, pijat, obat-obatan untuk peradangan seperti aspirin atau ibuprofen, dapat membantu menghilangkan gejala. DOMS tidak membutuhkan pengobatan, namun bila nyeri semakin parah, atau bengkak kami sarankan Anda segera melakukan konsultasi dengan dokter. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar