Sukses

Menurunnya Indera Penciuman dan Kematian

02 Mar 2015, 11:18 WIB
Wanita, 22 tahun.

Siang Dok... sy perempuan umur saya 22 thn mau tanya apa betul kehilangan indra penciuman dapat meningkatka resiko kematian dini?kayaknya indra penciuman saya mulai menurun dok soalnya ada bau yg tidak bisa sy cium baunya tapi orang lain bisa cium.cara tesnya gimana ya dok trus apakah ada obatnya

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Berkurangnya kemampuan untuk mencium dan mendeteksi bau disebut juga hiposmia. Penyebab terjadinya gangguan ini bermacam-macam, sayangnya tidak ada data yang menyertai kondisi Anda. Beberapa penyebab yang mungkin berhubungan adalah alergi infeksi virus, massa dalam rongga hidung (polip hidung), serta kerusakan pada saraf. Apakah Anda memiliki riwayat alergi pada diri sendiri dan keluarga? Sering bersin-bersin dan mengalami hidung "meler"? Pernah terbentur bagian wajah, terutama daerah dahi dan puncak hidung?

Alergi juga dapat menyebabkan terbentuknya massa dalam rongga hidung yang disebut dengan polip hidung. Adanya polip hidung menyebabkan terjadinya sumbatan pada rongga hidung. Keadaan ini kemudian dapat mengganggu indera penciuman dan indera perasa hingga menyebabkan keluhan seperti yang Anda rasakan. Namun, risiko kematian dini secara umum tidak terkait dengan penurunan penciuman.

Untuk mengetahui secara pasti kondisi organ pembauan Anda, disarankan untuk melakukan konsultasi langsung ke dokter spesialis THT. Akan dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung, terutama untuk rongga hidung dan sekitarnya. Pemeriksaan yang dilakukan akan menggunakan beberapa bentuk bahan-bahan dengan aroma yang berbeda-beda. Terapi akan diberikan sesuai dengan penyebab dari keluhan serta hasil pemeriksaan fisik/penunjang yang dilakukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar