Sukses

Penanganan Kista Atherom

03 Mar 2015, 20:55 WIB
Pria, 23 tahun.

saya baru saja melakukan bedah minor kista atheroma , namun saat dibedah kista itu tidak ada? Kata dokter bedah nya pecah, apakah kista ateroma pecah itu berbahaya? Lokasi kistha ada di pangkal penis, dan bentuknya masih kecil sebesar setengah kelereng, terima kasih dok

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter. Kista atheroma merupakan salah satu jenis kista di kulit dimana kista tersebut memiliki kapsul (dinding) dan berisikan cairan kental yang terdiri atas keratin atau sebum (minyak). Kista atheroma umumnya disebabkan karena pembengkakan dari folikel rambut atau trauma pada kulit. Kista ini tergolong jinak dan terapinya adalah eksisi atau pembuangan seluruh jaringan kista termasuk dindingnya. Kami akan memberikan beberapa pemaparan tentang kista atheroma.

1. Apakah perlu dibuang/operasi? berbahayakah jika tidak dibuang?

Kista yang tergolong jinak ini dieksisi atau dibuang pada umumnya untuk keperluan kosmetik. Kebutuhan eksisi akan tergantung dari lokasinya. Apabila lokasi memang mengganggu kosmetik atau lokasi dari kista tersebut mengganggu salah satu fungsi sehari-hari maka sebaiknya dibuang. Namun apabila tidak menngganggu dan kista tidak terinfeksi (merah, nyeri, terdapat nanah di dalamnya) maka tidak ada masalah apabila tidak dieksisi.

2. Operasinya besar/kecil? untuk operasi ini perlu dibius lokal/umum?

Eksisi merupakan operasi kecil. Namun risiko eksisi akan tergantung dari lokasi tempat kista tersebut berada dan besar dari kista. Semakin besar kistanya maka akan semakin besar kemungkinan perdarahan yang terjadi. Namun selama dikerjakan sesuai prosedur maka tidak ada masalah. Cukup bius lokal.

3. Pemeriksaan apa saja yg diperlukan sebelum operasi, mengingat pasien ini perokok berat, kerja sampai pagi, sering nyeri di dada.

Tidak ada pemeriksaan penunjang yang perlu dilakukan sebelum eksisi. Cukup pemeriksaan fisik kista tersebut kepada dokter yang akan mengerjakan. Risiko tidak besar karena operasi ini sifatnya lokal dengan bius yang juga lokal

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar