Sukses

Mengatasi Jerawat di Wajah

03 Mar 2015, 11:58 WIB
Wanita, 52 tahun.

Dokter diwajah saya ada bentol kayak jerawat dan gatal bgm solusi saya sdh pakai pishohex.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini: 

  • Stress
  • Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  • Keturunan dari orangtua
  • Bakteri di pori-pori kulit
Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik. Kondisi kulit berminyak merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stress dan sebagainya.
 
Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum.
 
Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan  kebersihan wajah
 
Berikut tips yang dapat Anda praktikkan untuk mengatasi jerawat :
  1. Pelembab
    Beberapa produk penghilang jerawat mengandung bahan-bahan yang dapat membuat kering, oleh karena itu selalu ingat untuk menggunakan pelembab sehingga mencegah kulit kering dan pengelupasan kulit. Gunakan pelembab yang khusus untuk kulit berjerawat. (Baca: cara mengobati jerawat)

  2. Gunakan Obat Jerawat Yang Dijual Di Pasaran 
    Cobalah gunakan obat-obat jerawat yang dijual di pasaran yang tidak perlu menggunakan resep. Produk-produk ini dapat mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid yang dapat membunuh bakteri dan membuat kulit tidak berminyak. Gunakan dalam dosis yang sedikit dahulu lalu sesuaikan dosisinya dengan kondisi kulit Anda. (Baca: cara mengobati jerawat)

  3. Gunakan Make-up Seperlunya 
    Saat Anda sedag berjerawat hindari penggunaan foundation, bedak, atau blush on. Bila harus menggunakan make-up jangan lupa untuk membersihkannya saat pulang ke rumah. Gunakan make-up yang tidak memicu timbulnya jerawat.

  4. Hati-hati Pengunaan Produk Di Rambut
    Hindari penggunaan minyak wangi, minyak, atau gel di rambut saat Anda sedang berjerawat. Gunakan shampoo dan conditioner yang lembut oleh karena rambut berminyak dapat menambah kandungan minyak ke wajah. (Baca: cara mengobati jerawat)

  5. Jangan Menyentuh Wajah 
    Hindari menyentuh wajah Anda saat sedang berjerawat. Menyentuh wajah bukan hanya daoat menyebarkan bakteri karena dapat semakin mengiritasi wajah saat kulit Anda sedang sensitif. (Baca: cara mengobati jerawat)

  6. Hindari Sinar Matahari 
    Sinar ultraviolet dari matahari dapat meningkatkan peradangan dan kemerahan. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih bila terpapar dengan matahari.

  7. Berikan Nutrisi Ke Kulit 
    Perbanyak konsumsi sayur dan buah serta hindari konsumsi makanan yang tinggi akan lemak. (Baca: Menu untuk Solusi Berjerawat)

  8. Olahraga 
    Olahraga secara teratur sangat baik untuk tubuh termasuk untuk kulit. Hindari penggunaan baju atau alat olahraga yang dapat mengiritasi kulit. Ingat untuk mandi setelah berolahraga. (Baca: cara mengobati jerawat)

  9. Rileks
    Beberapa studi mengaitkan pertumbuhan jerawat dengan stres. Oleh karena itu hindari stres dan nikmati hidup!

 
Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin jika jerawat masih terus berlanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar