Sukses

Coba-coba Minum Alkohol dan Rokok

03 Jul 2015, 04:18 WIB
Pria, 16 tahun.

selamat malam dok....sy mau tnya apakah jika pernah minum alkohol ttpi cuma sedikit / mencoba efek dalam tbuh akan prmanen???....dan pernah merokok tapi jarang dn skarang sudah berhenti apakah akan kembali normal dan lulus tes?? terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pengaruh alkohol pada tubuh dipengaruhi oleh beberapa faktor;

  1. Jenis dan besar kadar alkohol yang diminum. Makin tinggi kadar alkohol yang diminum maka makin cepat dan banyak alkohol yang dapat diserap oleh tubuh manusia. Jenis minuman alkohol juga menentukan besar kadarnya.
  2. Jumlah alkohol yang diminum.  Makin banyak alkohol yang diminum maka makin tinggi kadar alkohol yang dapat ditemukan dalam tubuh.
  3. Keadaan mukosa lambung dan usus.  Adanya makanan dan jenis makanan tertentu dalam lambung saat mengkonsumsi alkohol dapat penyerapan. Jumlah alkohol yang dapat diserap tergantung pada seberapa cepat lambung mengkosongkan isinya. Jika seseorang minum alkohol setelah makan (makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak), maka kecepatan alkohol yang dapat diserap tubuh menjadi tiga kali lebih lambat daripada saat lambung dan usus kosong.
  4. Jumlah kandungan air dalam tubuh. Semakin besar tubuh manusia semakin banyak kandungan air di dalamnya karena hampir 2/3 dari berat badan manusia terdiri dari air. Alkohol dapat bercampur dengan air sehingga kepekatan alkohol dalam darah berkurang.
  5. Berat badan manusia. Respon tubuh terhadap alkohol antara orang kurus dan gemuk adalah berbeda. Hal ini disebabkan orang yang lebih kurus dan kecil mempunyai volume atau jumlah darah yang lebih sedikit dan organ hatinya juga lebih kecil. Oleh karena itu, level alkohol dalam darah yang mengalir ke organ hati akan lebih besar dan mungkin akan lebih besar lagi saat darah mengalir meninggalkan organ tersebut.
  6. Jenis kelamin.
  7. Kebiasaan minum.

Jika kadar alkohol yang anda konsumsi rendah dan jumlahnya sedikit, maka alkohol yang masuk kedalam tubuh akan dipecah dan dijadikan sumber energi. Namun jika kadar tinggi atau jumlah banyak, akan memberikan berbagai dampak negatif  dan menyebabkan orang jadi kecanduan alkohol.

Lalu Bagaimana dengan anda? Seberapa besar kadar dan juumlah serta seberapa sering anda mengkonsumsi alkohol?

Sedangkan Rokok, bila telah menjadi kebiasaan rutin anda tentunya akan memberikan dampak negatif pada tubuh. Untuk lebih lanjutnya, anda dapat mengakses artikel terkait kami berikut ini;

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar