Sukses

Sakit Punggung

12 Sep 2015, 08:39 WIB
Wanita, 20 tahun.

Cara mengurangi sakit punggung karena ada gagal ginjal dan sdg tidak kuat duduk terlalu lama itu bagaimana dok ? Ini untuk ayah saya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apabila nyeri punggung berhubungan dengan gangguan ginjal, maka penyebab itu lah yang terlebih dahulu perlu diatasi.

Sejak kapan Ayah anda menderita gagal ginjal? terapi apa yang sedang dijalani? apakah ayah Anda saat ini sudah dalam penanganan dokter?

Gagal ginjal terdiri atas gagal ginjal akut dan kronik. Pada gagal ginjal akut, yang perlu diperhatikan adalah menghilangkan penyebabnya agar ginjal kembali berfungsi dengan baik. Pada gagal ginjal kronik, berarti ginjal tidak dapat bekerja secara sempurna yang sudah berlangsung lama, dapat disebabkan karena beberapa penyakit dasar, dengan gejala-gejala tertentu. Gagal ginjal apa yang Anda maksud?

Ginjal berfungsi untuk mengeluarkan sisa produk metabolisme dan cairan berlebih dalam tubuh. Apabila tidak dikeluarkan, produk sisa metabolisme ini dapat menjadi racun bagi tubuh. Sisa produk metabolisme berasal dari makanan yang anda makan dan minuman yang anda minum. Bila Anda memiliki gagal ginjal, maka produk racun ini serta cairan berlebih akan terjebak dan tidak dapat dikeluarkan dari tubuh Anda.

Seberapa beratkah kerusakan ginjal yang ayah Anda alami saat ini? Sebagai gambaran, gagal ginjal terbagi atas 5 derajat. Stadium 1 sampai 3 pada umumnya dapat ditangani dengan pemberian obat-obatan. Namun pada Stadium 4 dan 5, telah terjadi kerusakan lanjut pada ginjal sehingga harus dilakukan cuci darah/hemodialisa, bahkan cangkok ginjal.

Apabila gangguan ginjal telah teratasi, sedangkan nyeri punggung masih juga terasa. Maka perlu dipikirkan adanya penyebab lain dari nyeri punggung tersebut. Pada penderita gagal ginjal semua pengobatan yang dikonsumsi haruslah dalam pengawasan dokter, karena terdapat obat-obatan yang justru bisa menambah beban kerja ginjal. Untuk itu kami anjurkan ayah Anda untuk berdiskusi langsung dengan dokter yang menanganinya saat ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar