Sukses

Gatal di Selangkangan dan Leher

03 Mar 2015, 09:07 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok mau tanya di selangkangan kaki saya area sekitar kelamin udah seminggu lebih terasa gatal dan membentuk antara yang gatal dan tidak terlihat jelas batasnya Yang mau saya tanyakan apakah itu penyakit dan bagaimana cara untuk menyembuhkan dan bahayakah itu Kedua di bagian leher saya gatal dan tak garuk terus dan setelah itu membentuk bulat yang tengahnya legok dan kata temen itu yang di leher herpes apakah benar dan jika benar bagaimana cara menyembuhkan

Terima kasih atas telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah gatal di selangkangan dan leher. Gatal-gatal yang mengenai daerah selangkangan seperti yang Anda keluhkan dapat  disebabkan oleh berbagai penyebab seperti reaksi alergi, atau infeksi  jamur dermatofita atau candida. 

Jamur dermatofita E.Floccosum, T. Rubrum, dan T. Mentagrophytes menyebabkan tinea kruris (jamur di daerah selangkangan). Biasanya mengenai daerah selangkangan atau sisi paha atas bagian dalam, dapat terjadi di kedua paha atau di salah satu paha saja. Keluhan utama adalah rasa gatal yang dapat hebat, terlebih jika kondisi kulit berkeringat. Lesi berbatas tegas, tepi meninggi yang dapat berupa bintil-bintil kemerahan atau lenting-lenting kemerahan, atau kadang terlihat lenting-lenting yang berisi nanah. Bagian tengah menyembuh berupa daerah coklat kehitaman bersisik. Garukan terus-menerus dapat menimbulkan gambaran penebalan kulit.

Jamur lain yang sering mengenai daerah lipatan kulit, terutama ketiak, bagian bawah payudara, bagian pusat, lipat bokong, selangkangan, dan sela antar jari; adalah candida. Dapat juga mengenai daerah belakang telinga, lipatan kulit perut, dan glans penis (balanopostitis), sela jari tangan biasanya antara jari ketiga dan keempat, pada sela jari kaki antara jari keempat dan kelima. Keluhan berupa gatal yang hebat, kadang-kadang disertai rasa panas seperti terbakar dan basah.

Selain pengobatan, diperlukan juga menjaga agar daerah lipat paha tetap bersih dan tidak lembab. Mandi minimal 2 kali sehari, dan mengganti pakaian dalam bila sudah lembab. Selain itu infeksi jamur ini juga dapat menyebar ke bagian kulit lainnya bila Anda menggaruk bagian yang terinfeksi dan kemudian menyentuh bagaian tubuh lainnya sebelum mencuci tangan. Untuk itu pastikan Anda mencuci tangan Anda setelah menggaruk dan  mencuci dengan bersih setiap pakaian (tidak dipakai ulang beberapa kali) untuk menghindari penularan dan penyebaran dan kekambuhan kembali. Pengobatan untuk jamur biasanya membutuhkan waktu yang agak lama, bisa mencapai 2-4 minggu

Mengenai keluhan gatal di leher Anda pun sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik langsung karena penyebab gatal-gatal di leher pun dapat disebabkan oleh alergi, infeksi jamur , maupun penyakit menular seksual.

Perlu diketahui bahwa penyakit herpes terdiri dari dua macam, yaitu herpes zoster dan herpes simpleks. Herpes zoster adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh reaktivasi infeksi virus varicella-zooster yang terjadi setelah infeksi primer yang umumnya bermanifestasi sebagai cacar air (varisela) yang menyerang kulit dan mukosa. Sedangkan herpes simpleks adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks tipe I atau tipe II yang ditandai oleh adanya vesikel (gelembung) berkelompok di atas kulit yang sembab dan merah, mengenai alat kelamin dan mukosa mulut. Penyakit herpes simpleks termasuk dalam kategori penyakit infeksi menular seksual.

Seseorang yang belum pernah terkena virus varicella pada saat pertama kali terkena virus ini akan menampilkan gejala - gejala cacar air dan setelah itu, virus ini akan berdiam di dalam tubuh sehingga kita memiliki antibodi terhadap virus tersebut. Jika virus ini aktif kembali maka virus ini muncul dengan gejala yang sedikit berbeda dari varicella dan disebut herpes zoster dimana secara umum gejala yang terjadi adalah rasa nyeri hebat atau rasa panas terbakar saat tubuh Anda bersentuhan dengan sesuatu meskipun sentuhan ringan seperti baju dan juga disertai dengan timbulnya gelembung - gelembung berisi cairan yang mirip dengan cacar air.

Yang terpenting adalah menjaga kekebalan tubuh dengan asupan nutrisi cukup, istirahat cukup, dan berolahraga secara teratur.Mengingat virus ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual, makasebaiknya pasangan Anda juga menjalani pemeriksaan yang sama, karena keduanya harus diobati jika terbukti positif menderita HSV. 

Kami sarankan Anda memeriksakan diri ke Dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan kepastian diagnosis dan untuk mendapatkan terapi. 

Berikut beberapa artikel yang dapat menambah pengetahuan Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar