Sukses

Apakah Malaria Dapat Kambuh?

02 Mar 2015, 11:35 WIB
Pria, 28 tahun.

Assalamualaikum salam dok, maaf dok saya mau tanya tentang teman saya yang katanya menderita penyakit malaria dan penyakitnya sering kambuh setiap tahunnya. apakah itu benar bisa terjadi? bagaimana cara penyembuhannya agar bisa sembuh total?

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Untuk mengetahui apakah malaria kambuh atau tidak pertama perlu diketahui dulu jenis malaria apa yang sebelumnya yang teman Anda derita.

Malaria adalah penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh protozoa dari genus Plasmodium. Pada manusia, terdapat empat spesies  penyebab malaria, yaitu P. falciparum, P. vivax, P. ovale, P. Malaria.

Plasmodium falciparum dan Plasmodium vivax merupakan jenis parasit malaria yang paling banyak ditemukan pada daerah tropis dan subtropis. Secara epidemiologi, Plasmodium falciparum adalah penyebab sekitar 85% malaria di dunia dan merupakan penyebab malaria yang paling berat.

Namun pada kasus teman anda, kemungkinan jenis parasit malaria yang menyebabkan adalah Plasmodium vivax atau Plasmodium ovale, mengingat malaria yang diderita timbul berulang. Hal ini terjadi oleh karena di dalam hati, sebagian parasit masih beristirahat (dormant). Sewaktu-waktu parasit ini dapat teraktivasi menimbulkan keluhan malaria kembali.

Saat kambuh dapat muncul gejala berupa demam, menggigil, meriang, mual, nyeri sendi, nyeri kepala, lemas. Untuk memastikan apakah benar infeksi malaria atau bukan dan kambuh atau bukan perlu dilakukan pemeriksaan darah. 

 

Pada prinsipnya pengobatan malaria dapat ditangani secara optimal apabila telah diketahui jenis parasit dan pola kekebalan parasit tersebut terhadap obat antimalaria tertentu.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat membaca artikel di bawah ini :

Malaria

Kami menyarankan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk penanganan teman Anda. 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar