Sukses

CHF

17 Apr 2015, 15:16 WIB
Wanita, 41 tahun.

Siang dok..sktr 3minggu yg lalu sy tiba2 sesak nafas hebat dan dirawat di sbuah RS slma 4hr..sy didiagnosa awal kemungkinan CHF, Dispepsia/GERD dan Psikomatis tetapi pas diagnosa akhir dispepsia dan psikomatis..sy jg di ronstsen hasilnya elongasi norman <50persen...yang ingin sy tanyakan cek apa yg akurat untuk mengetahui apa sy terkena CHF atau tidak slama ini memang sy sering skt dada kiri, jantung berdebar dan cepet merasa lelah...trima ksh dok..ditunggu jawabanya

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

CHF (Congestive Heart Failure) merupakan suatu keadaan dimana terjadi kegagalan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Gejala yang dapat muncul pada kondisi CHF adalah sesak nafas, sesak nafas ketika jalan lama, sesak nafas ketika tidur, harus tidur dengan beberapa bantal, pembengkakan di tubuh, batuk, kelemahan tubuh, nyeri kepala, hinnga gangguan irama jantung. 

Beberapa penyebab dari CHF adalah: 

  • Penyakit Jantung Koroner : Dimana terjadi penyumbatan di pembuluh darah jantung, sehingga menyebabkan aliran darah ke otot-otot jantung berkurang sehingga dapat menyebabkan kegagalan jantung. 
  • Serangan Jantung : Serangan jantung terjadi saat terjadi penyumbatan total pembuluh darah yang memperdarahi otot jantung dan menyebabkan serangan jantung. Pada keadaan ini dapat terjadi kerusakan pada otot jantung yang permanen yang dapat menyebabkan kegagalan jantung. 
  • Kardiomopati : Suatu bentuk kerusakan pada otot jantung yang bisa disebabkan oleh keadaan-keadaan seperti kecanduan alkohol, infeksi dan beberapa penyakit. 
  • Hal-Hal yang memperberat kerja jantung : Penyakit-penyakit seperti hipertensi, kelainan katup, gangguan ginjal, penyakit tiroid, dan kelainan jantung bawaan. 

Dari pemeriksaan fisik, biasanya dokter akan mengetahui apakah Anda ada CHF atau tidak. Untuk memastikan apakah Anda memiliki keadaan CHF atau tidak, ada beberapa pemeriksaan yang dapat Anda lakukan adalah :

  • Pemeriksaan darah (memeriksan kolestrol, BNP)
  • Pemeriksaan EKG
  • Pemeriksaan Echo Cardiografi
  • Foto X-ray

Kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter specialis kardiologi apabila Anda ingin memastikan keadaan Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar