Sukses

Keluar Flek Coklat

06 Aug 2015, 07:59 WIB
Wanita, 23 tahun.

Assalamu Alaikum. Dok mau nanya sy sdh menikah selama 2 tahun tetapi blum dikaruniai seorang anak.. nah kemarin waktu Bulan desember sya kedokter spesialis kandungan dan di USG Alhmdulillah kandungan sya sehat2 saja, hanya saj kantung rahim sedikit kecil.. terus saya dikasi sejenis vit gitu dok namanya ASTHIN.. setelah 2 minggu saya minum knp tiba-tiba saya keluar flek coklat campur darah dan lendir itu berjalan sekitar 2 minggu setelah itu berhenti selama 1 mnggu, kemudian di bulan januari berlngsung 2 minggu keluar lagi flek campur darah tapi tidak smnpai tembus di CD.. sya fikir itu sudah tanda tanda hamil tapi di tes hasilnya negatif...itu knp yah dok padahal haidku sebelum minum ASTHIN baik2 saja.. dan sampai skrang saya bukannya haid malah keluar flek bercmpu darah gitu, biasanya hanya selang 2 hari bersih berikutx keluar lagi flekx. tapi tidak tembus di CD. mohon jawabanya yah dok.. mkasih..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan flek-flek yang  Anda alami disebut dengan spotting. Ada banyak penyebab spotting, yaitu: 

  1. Kehamilan atau kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan)

  2. Penggunaan kontrasepsi oral

  3. Ketidakseimbangan hormon

  4. Infeksi pada alat kelamin

  5. Pengobatan tertentu (misal: obat pengencer darah) 

  6. Polip serviks (benjolan pada mulut rahim)

  7. Kanker serviks 

  8. Dysfunctional uterine bleeding (pendarahan akibat hormonal)

  9. Endometriosis, adenomyosis (bentuk kelainan pada dinding rahim)

  10. Hiperplasia endometrial

  11. Pelvic inflammatory disease (penyakit infeksi pada saluran kewanitaan)

Selain itu flek-flek coklat yang terjadi pada Anda juga dapat disebabkan karena adanya perlukaan pada organ intim setelah melakukan hubungan seksual. Untuk itu, kami sarankan agar dilakukan pemantauan dan jika terjadi lagi, sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar