Sukses

Gangguan Cemas

03 Mar 2015, 10:06 WIB
Pria, 32 tahun.

Dok saya penderita axientas mudah gelisah dan tidak tenang kalo lgi tidak tenang tensi aq naik jadi 135/92 kadang kalau puncak gelisahnya tekanan darah sampai2 140/100 tapi kalo udah enakan gak gelisah tensi normal 114/70,kalo darah naik gara2 gelisah itu bahaya gak ya dok takut nanti strok.aq udah ke dr psikiater dikasih resep tapi jatang sekali aq minum selama 6 bln ini baru 3x aq minum obat itu itupun kalo udah berat gelisahnya baru aq minum aq takut ketergantungan obat.terima kasih atas jawabannya y dok yg terhormat.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Perasaan tidak tenteram karena khawatir atau takut disebut sebagai kecemasan. Bila kecemasan berlarut-larut dan terus dirasakan, bahkan setelah tidak ada lagi yang perlu dicemaskan, hal itu bisa menjadi gangguan. Gangguan kecemasan sendiri dapat menjadi awal suatu kondisi yang serius apabila rasa khawatir dan takut timbul secara konstan.

Berikut adalah gejala-gejala umum Gangguan Kecemasan yang perlu Anda ketahui :

  1. Perasaan panik, takut, dan gelisah 
  2. Susah tidur 
  3. Tangan dan / atau kaki dingin atau berkeringat 
  4. Sesak napas 
  5. Jantung berdebar-debar 
  6. Ketidakmampuan untuk diam dan tenang 
  7. Mulut kering 
  8. Mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki 
  9. Mual 
  10. Otot tegang 
  11. Pusing

Dukungan keluarga dan sahabat sangatlah penting untuk mengatasi hal ini. Anda dapat bercerita kepada keluarga dan kerabat bila Anda sedang mengalami kecemasan atau kegusaran hati karena hal tersebut dapat mengurangi beban pikiran dan meringankan gejala. 

Kami sarankan Anda untuk rutin kontrol rutin ke dokter spesialis psikiatri yang menangani Anda untuk mengetahui kondisi terkini Anda dan sebaiknya Anda mengonsumsi rutin obat-obatanyang diberikan dokter untuk mengontrol kecemasan Anda. Dengan melakukan kontrol rutin dan konsumsi obat rutin , saat kontrol berikutnya dokter akan dapat mengevaluasi kondisi Anda dan menyesuaikan terapi sesuai dengan keadaan terkini Anda. Dokter akan membantu Anda dengan mendengarkan keluhan Anda dan membantu Anda mencari penyelesaian yang tepat untuk ketakutan Anda.

Anda juga dapat mencoba mengatasi serangan panik tanpa obat-obatan. Disamping akan meringankan biaya pengobatan, hal ini juga akan memberikan dampak yang lebih sehat bagi tubuh Anda. Mungkin Anda dapat mencoba beberapa tips untuk mengatasi serangan panik dan gangguan cemas yang Anda alami, seperti :

  • Cobalah untuk menarik napas dalam dan perlahan-lahan saat serangan
  • Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak sedang dalam keadaan bahaya
  • Cobalah untuk membiasakan diri menghadapi hal-hal yang menjadi sumber ketakutan Anda, hingga Anda dapat mengontrol perasaan takut tersebut
  • Carilah hobi yang mampu membuat Anda melupakan kecemasan.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar