Sukses

Belum Hamil

27 Feb 2015, 11:43 WIB
Pria, 25 tahun.

Selamat Pagi dan salam hangat dok, pertanyaan saya. Mengapa sampai saat ini istri saya belum hamil dok ? Apakah berhubungan intim yang sering dilakukan dapat merusak sperma yang sudah masuk ke sel telur sang istri ? Bagaimana caranya agar istri saya segera hamil. mohon solusinya. terimakasih sebelumnya dok

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Usia sperma di dalam vagina seorang wanita adalah sekitar 48-72 jam. Untuk meningkatkan probabilitas kehamilan, maka sepasang suami - istiri diharapkan berhubungan intim dengan frekuensi 2 hingga 3 kali perminggu( interval 2-3 hari)  tanpa menggunakan kontrasepsi, terutama pada masa subur, yaitu sekitar lima hari sebelum dan dua hari sesudah terjadinya pengeluaran sel telur dari indungnya. Proses ini disebut juga dengan ovulasi dan terjadi kira-kira 14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya. 

Bagaimana cara mengetahui masa subur? Anda dapat menggunakan dua cara yaitu menghitung masa subur serta mengetahui tanda-tanda ovulasi.

Menggunakan Rumus Menghitung Masa Subur

Ovulasi terjadi kira-kira 14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya. Kurangi dan tambahkan dua hari dari hari tersebut karena walaupun sel telur hanya dapat hidup selama 24 jam, sperma dapat bertahan selama 6 hari di dalam tubuh perempuan.

Anda dapat mengidentidikasi beberapa tanda fisik yang mengindikasikan terjadinya ovulasi:

  • Peningkatan sekret vagina yang berubah dari sekret yang berwarna putih dan creamy menjadi bening, kenyal, dan licin.  Anda dapat mengetahui kekentalan sekret dengan cara menaruhnya di antara ibu jari dan telunjuk lalu meregangkannya. Saat ovulasi, sekret tersebut tidak akan ‘putus’.
  • Merasa kembung dan terdapat nyeri perut ringan yang terjadi karena kram otot rahim.
  • Nyeri tekan pada payudara. Payudara terasa bengkak, lebih lunak, dan lebih sensitif terhadap sentuhan.
  • Suhu basal tubuh meningkat antara 0,4 – 1°C dari suhu basal manusia (36-37°C). Kenaikan suhu ini terjadi akibat pengaruh hormon progesteron. Puncak masa subur adalah 1-2 hari sebelum suhu basal tubuh mengalami kenaikan tertinggi.
  • Peningkatan hasrat seks.

Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat menggunakan alat tes ovulasi yang dijual bebas di apotek atau toko alat kesehatan. Alat ini bekerja dengan mendeteksi kadar hormon seks pada air seni.

Selain itu, Anda dan pasangan dapat juga mengkonsumsi asam folat. Beberapa literatur medis menyebutkan bahwa konsumsi asam folat selama 1 tahun akan meningkatkan probabilitas wanita tersebut untuk hamil hingga 50%. Sedangkan pada laki-laki, asam folat berperan aktif dalam kestabilan DNA sperma yang tentunya berkaitan dengan kualitas sperma. Dosis asam folat yang direkomendasikan untuk pria dan wanita di atas usia 14 tahun adalah 400 mikrogram per hari. Begitu juga dengan vitamin E, antioksidan yang ditengarai dapat memperlambat proses kerusakkan organ ini juga sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan pada pria maupun wanita, khususnya pada kaum pria. Dosis yang direkomendasikan adalah 200-600 IU per hari.

Tanda-tanda kehamilan terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • sering berkemih
  • pembesaran dan nyeri payudara
  • mual
  • perasaan lelah
  • daerah sekitar puting susu menghitam
  • peningkatan suhu tubuh
  • flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah: 

  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  •  terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  •  terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Umumnya, keterlambatan menstruasi merupakan tanda yang paling mudah dijadikan pegangan. Jika memang terlambat lebih dari 1 minggu dari waktu seharusnya, ada kemungkinan sudah terjadi pembuahan. Karena itu bisa dilakukan pemeriksaan kehamilan dengan test pack.

Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu. 

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat.

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), Anda dapat mencoba test pack ulang minggu depan atau 2 minggu kemudian.

Baca juga:

Semoga penjelassan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar