Sukses

Benjolan Payudara Pada Ibu Menyusui

27 Feb 2015, 10:01 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok sya mau tanya di area payudara sya ada benjolan sebesr koin apakah itu tanda kanker atau karena sy lagi menyusui?sya berharap doktr memberi sya masukan karna sya sudah sgt kawatir..terimakasih..sy tunggu jawabannya.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com

Pada wanita menyusui sering terdapat keluhan benjolan pada payudara. Kemungkinan penyebabnya adalah tersumbatnya aliran susu. Untuk itu, perlu dilakukan perawatan pada payudara yang saluran susunya tersumbat antara lain dengan :

  • Susui bayi pada payudara yang salurannya tersumbat(payudara yang ada benjolannya)

 

 

 

  • Kompres payudara dengan air panas, kemudian pijat spiral secara lembut di area sekitar sumbatan menuju puting
  • Kosongkan  payudara sesering mungkin, baik dengan membiarkan bayi menyusu maupun dengan memerah ASI keluar dari payudara

Apabila hal ini tidak segera diatasi, lama kelamaan dapat menyebabkan peradangan pada payudara (mastitis).

Terdapat beberapa penyebab lain yang menimbulkan gejala benjolan pada payudara. Benjolan yang timbul di payudara bisa ditimbulkan oleh berbagai macam hal, terkait hormon maupun keganasan.Ini Kami ulas sedikit mengenai benjolan dipayudara . Benjolan dipayudara dapat berupa kista FAM (fibroadenoma mamae) atau kelainan yang lain seperti kanker .

Kista
Kista adalah benjolan di payudara yang muncul di akhir siklus haid dan umumnya tidak berbahaya. Setelah masa haid, jenis benjolan ini biasanya menghilang. Kista payudara adalah kantong berisi cairan yang cenderung membesar di akhir siklus haid ketika tubuh menahan lebih banyak cairan. 

Ukuran kista ada yang kecil dan ada yang besar sampai sebesar telur. Kalau dipijat, kista bisa sedikit berubah bentuk dan sebagian besar bisa bergerak di bawah kulit. Kista juga bisa muncul pada usia 40 tahunan, beberapa tahun sebelum memasuki masa menopause.

Fibroadenoma (FAM)
Fibroadenoma adalah gumpalan payudara yang bukan kista maupun kanker. Tumor jinak ini paling sering berkembang pada tahun-tahun pertengahan usia produktif (masih bisa melahirkan). Fibroadenoma terasa seperti massa yang padat, licin, kuat, dan elastis, dengan bentuk yang jelas. Fibroadenoma berkembang ketika jaringan ikat bertumbuh di dalam kelenjar atau lobule payudara.

Benjolan lainnya
Jenis lain dari benjolan payudara termasuk yang disebabkan infeksi atau perdarahan akibat cedera. Benjolan yang disebabkan tumor atau jaringan berlemak disebut lipoma. Benjolan di payudara juga bisa disebabkan adanya papiloma intraduktal, terutama jika ini menyumbat saluran sehingga menimbulkan kista. Semua kondisi ini tidak bersifat kanker. 

Untuk memastikan apakah benjolan pada payudara berbahaya atau tidak, dokter akan memeriksa menggunakan ultrasonografi dan mamografi. Pada benjolan tunggal yang terasa seperti kista, dokter mungkin akan menyedot cairan dari dalamnya dengan menggunakan jarum halus. Jika cairannya bisa disedot dan benjolannya kemudian menghilang, ini mengindikasikan benjolan itu adalah sebuah kista.Diagnosis pasti keluhan yang Anda rasakan harus dengan pemeriksaan langsung oleh dokter untuk memastikan apakah ini disebabkan oleh air susu tersumbat atau ada hal lain. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar