Sukses

Mengatasi Vaginismus

13 Mar 2015, 16:23 WIB
Pria, 29 tahun.

Dok, saya sudah 2 bln menikah. saya mengalami kendala saat berhubungan badan dengan istri saya. istri saya sangat takut dan cemas saat mau penetrasi. padahal ketika foreplay istri saya sudah sangat bergairah dan vaginanya sudah sangat basah. tetapi ketika penetrasi istri saya keliatan tegang, cemas dan tangannya jadi dingin. sehingga tidak lama mencoba vaginanya jadi kering. sehingga penis saya tidak berhasil menembus karena area vagina sangat tegang, dan istri saya seakan melawan usaha saya sehingga penetrasi tidak pernah berhasil. kami sudah berusaha melakukan belasan kali tetapi hasilnya selalu sama. saya juga sudah mencoba pakai pelumas buatan. tetap tidak berhasil karna lobang vagina istri saya seperti tertutup rapat ditambah dengan gerakan tubuhnya yang seakan selalu menghalangi terjadinya penetrasi. saya sudah sering bicara terbuka, istri saya tidak pernah mengalami trauma dan dia juga sebenarnya sangat ingin memuaskan saya, tapi tubuhnya tidak terkontrol dan tidak mengikuti keinginannya agar bisa penetrasi. istri saya juga kelihatan sangat menyesal karena selalu gagal. tetapi tubuhnya selalu tegang saat proses penetrasi. saya dan istri saya saat ini misah karena saya dinas luar kota, kami baru memiliki waktu bersama sekitar 2 minggu dari 2bln masa pernikahan kami. mohon sarannya, apakah ini termasuk normal? bagaimana cara mengatasi rasa cemas berlebihan dan agar istri saya selalu bergairah sampai selesai. (note: kita belum pernah berhasil penetrasi dari pertama kali, karena saat ujung penis baru menyentuh vagina istri saya sudah tegang dan melakukan gerakan agar penetrasi tidak terjadi, ketika saya tanya istri saya juga bilang dia belum pernah sampai merasakan sakit) terimakasih

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Vaginismus adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan pengencangan otot-otot di sekitar vagina yang tidak disadari, ketika akan dilakukan penetrasi. Jika dipaksakan, sang wanita akan merasa sangat nyeri.

Ada dua tipe vaginismus, yaitu vaginismus primer (tidak pernah dapat berhubungan seksual) dan vaginismus sekunder (sebelumnya sudah pernah berhubungan seksual).

Penyebab vaginismus belum diketahui secara pasti, namun bisa disebabkan oleh kelainan organik dan psikologis. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda membawa istri berkonsultasi kepada dokter kebidanan dan kandungan. Jika tidak ditemukan kelainan organik, Anda dan istri dapat berkonsultasi kepada dokter psikiatri.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar