Sukses

Kenapa Vaksin Influenza Harus Di Ulang Tiap Tahun?

15 Aug 2015, 20:00 WIB
Pria, 34 tahun.

1. bagaimana dampak jangka pendek dan jangka panjang jika anak di beri imunisasi influenza? anak saya perempuan umur 6th. 2. yang saya tahu dr membaca, imun influenza harus diulang setiap tahun, lalu bagaimana kalau tidak diulang setiap tahun? terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Bila anak anda termasuk yang 'gampang' terserang flu, maka Cara terbaik untk mencegah influenza adalah menjalani vaksinasi flu tiap tahun untuk melindungi tubuh terhadap virus influenza tipe A dab B.

Jenis virus influenza mengalami perubahan terus menerus dari tahun ke tahun sehingga jenis vaksin juga perlu diganti setiap tahun untuk memerangi virus jenis baru. Selain itu efek imunitas dari vaksin influenza hanya bertahan selama setahun sehingga individu perlu divaksinasi kembali setiap tahun.

Vaksin influenza mengandung virus influenza yang sudah dilemahkan sehingga tidak lagi memapu bermultiplikasi atau menyebabkan infeksi. Pada beberapa individu tertentu, pemberian vaksin influenza dapat menimbulkan respon imun berupa demam subfebril, nyeri otot, dan sakit kepala pada 6-12 jam pasca vaksinasi dan berlangsung selama 24-48jam.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar