Sukses

Mengatasi Bekas Luka

11 Mar 2015, 07:28 WIB
Wanita, 20 tahun.

dear dokter, saya punya banyak bekas luka di tangan dan kaki. entah itu karena bekas gigitan nyamuk ataupun bekas knalpot motor yang meninggalkan bekas hitam, bekas luka ini bukan berupa flek/keloid dan tidak terasa sakit bila disentuh. bekas luka hitam itu terlihat berada dibawah lapisan kulit. yang ingin saya tanyakan, apakah penggunaan laser bisa menghilangkan bekas luka yang menghitam tersebut? atau ada cara lain untuk menghilangkannya?terima kasih

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

Terima kasih karena telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.

Bekas luka yang terjadi pada kulit dapat meninggalkan bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), atau menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi) atau menjadi jaringan berlebih (keloid). Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda.

Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari. Yang diperlukan saat ini adalah menjaga kebersihan, dan perlu diusahakan agar daerah  tidak mudah bergesekan (tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat). Sedangkan untuk penanganan medis, terdapat beberapa pilihan, sesuai dengan ukuran dari hiperpigmentasi dan lamanya bekas luka Anda sudah terjadi. Untuk itu, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan yang optimal. Mohon maaf karena kami tidak dapat merekomendasikan suatu produk ataupun obat tertentu tanpa mengetahui secara pasti kondisi Anda dengan melakukan pemeriksaan fisik. Hal tersebut juga berkaitan dengan kewajiban kami untuk menjaga etika profesi yang kami junjung tinggi dan mencegah terjadinya bias promosi. Jadi, untuk mendapat tatalaksana yang tepat sesuai dengan kondisi kulit Anda, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Berikut kami sertakan beberapa artikel terkait untuk menambah informasi :

Luka Bakar

12 Hal Penting Penanganan Luka Bakar di Rumah

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar