Sukses

Rambut Rontok Pada Usia 20an

02 Mar 2015, 11:35 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok, saya mengalami kerontokan pada rambut bagian tengah atas. Kondisi ini sudah hampir 2 tahun saya alami karen kerontokan. Masalahnya, rambut tidak tumbuh baru di daerah yang botak walau sekarang sudah tidak rontok lagi. Saya sudah mencoba menggunakan hair tonic, minyak kemiri, shampoo penumbuh rambut, dll, tetapi hasilnya nihil. Saya membaca artikel yang mengatakan bahwa ini bisa diobati dengan minoxidil, saw palmetto, dan finasteride. Apa itu benar, Dok? ataukah dokter memiliki solusi lain? Terima kasih sudah mau menjawab

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Keluhan Anda adalah Anda mengalami kebotakan pada rambut bagian tengah atas. Kebotakan dapat disebabkan berbagai macam penyebab, antara lain :

  • Infeksi kulit kepala
  • Stres emosional
  • Keturunan (genetik)
  • Autoimun : LUPUS
  • Depresi
  • Faktor fisis, misalnya tekanan pada bayi yang tidur pada satu sisi
  • Penyakit sistemik : sifilis, hipotiroid, hipertiroid
  • Obat : pil antihamil, metotreksat, siklosfosfamid, klorambusil

Usia Anda saat ini adalah 23 tahun. Salah satu jenis kebotakan pada pria usia dewasa muda dikenal dalam dunia medis dengan Male Pattern Alopesia (Alopesia Androgenika). Kebotakan ini biasanya muncul pada akhir umur dua puluh atau awal umur tiga puluh. Rambut rontok dimulai dari puncak kepala sampai dengan bagian dahi. Rambut batas dahi menjadi mundur dan dahi terlihat lebar. Penyebab kelainan ini adalah keturunan yang dominan. Bila pasangan suami istri sama-sama menderita penyakit ini maka semua anak laki-laki dan setengah jumlah anak wanita akan mengalami hal yang sama. 

Bagaimana dengan kebotakan yang terjadi pada Anda? Terapi untuk mengobati kebotakan antara lain benar dengan menggunakan minoxidil, finasteride. Terdapat pula terapi lain seperti suntikan kortikosteroid ke kulit kepala. Namun tentu saja hal ini harus dilakukan oleh dokter spesialis kulit kelamin. Sebelum menentukan diagnosis harus dilakukan wawancara mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Sebaiknya penyebab kebotakan pada Anda dicaritahu terlebih dahulu dengan menghubungi dokter spesialis kulit dan kelamin.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar