Sukses

Badan gatal Setelah Pakai Body Lotion

13 Oct 2015, 23:04 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok saya mau tanya. badan saya gatal² setelah pakai handbody, trus saya minum vitC tpi semkin prah gatalnya dok. awalnya saya jg minum vitE dn jga masih ttp gatal dok. apakah penyebabnya dok? kulit sya juga kering dan sensitif. vitamin apa yg bisa mmbuat kulit saya sehat dn tidk gatal lg?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Apakah anda baru saja mengganti atau baru menggunakan produk body lotion tersebut? Jika produk yang sama sebelumnya telah Anda gunakan dan tidak menyebabkan keluhan gatal, maka kemungkinan penyebab gatal yang Anda rasakan bukanlah akibat produk tersebut. Namun, jika ini pertama kali anda gunakan dan menimbulkan gejala gatal pada area kulit yang diaplikasikan lotion tsb, maka peelu dicurigai anda mengalami alergi pada satu atau lebih zat yang terkandung dalam produk tsb. Untuk itu perlu dihentikan dulu penggunaanya.

Secara umum, berikut adalah penanganan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gatal:

  1. Menjaga kebersihan tubuh dengan mandi menggunakan sabun 2 kali sehari. Bila Anda memiliki masalah kulit kering, maka hindari penggunaan sabun antiseptik.
  2. Kulit yang kering cenderung mengalami gatal. Oleh sebab itu, bila dibutuhkan gunakanlah pelembab seperti body lotion.
  3. Menghindari faktor pencetus gatal (seperti yang telah kami sebutkan diatas)
  4. Mengonsumsi obat antigatal seperti antihistamin (dapatkan dengan resep dokter), serta Anda dapat mengurangi gatal dengan menaburkan bedak berisi menthol/ asam salisilat dosis rendah,

Kami sarankan Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter kulit agar dilakukan wawancara yang lebih mendalam dan kelainan kulit Anda dapat diperiksa secara langsung. Dengan demikian pengobatan dapat diberikan secara optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar