Sukses

Penanganan Bekas Luka Bakar

26 Feb 2015, 11:11 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, sebulan lalu lengan saya tidak sengaja terkena water heater yang terlalu panas di apartemen saya. Sehingga menyebabkan bekas luka besar yang hitam dan membuat saya kurang pede menggunakan baju lengan pendek. Saya awalnya menggunakan odol jd bekas nya seperti kena knalpot. Setelah itu saya baru menggunakan salep dokter, bio oil hingga minyak zaitun. Yang saya mau tanyakan, bagaimana cara menghilangkan bekas scars, luka yang menghitam begini ya dok? Trims

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Bekas luka yang terjadi pada kulit dapat meninggalkan bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), atau menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi) atau menjadi jaringan berlebih (keloid).

Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari. 

Penanganan bekas luka yang menghitam ini bergantung pada ukuran dari hiperpigmentasi dan sudah berapa lama terjadi. Penggunaan odol untuk penanganan pertama luka bakar kurang tepat. Untuk penanganan pertama luka bakar dapat dilakukan dengan mengaliri luka bakar dengan air mengalir, hal ini ditujukan untuk menurunkan suhu. Namun, jangan diberi es, karena perbedaan suhu yang terlalu besar antara panas dan dingin justru akan memperburuk keadaan.

Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis Kulit dan Kelamin untuk mengetahui pilihan terapi apa yang paling tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar