Sukses

Nyeri Otot Setelah Olahraga Badminton

27 Feb 2015, 12:10 WIB
Pria, 39 tahun.

tanya Dok..setelah melakukan aktifitas olah raga (badminton) Bysep dan lengan kanan terasa sakit dan pegal sehingga tenaga pun terasa berkurang..apa penyebab dan solusi untuk masalah tersebut. terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah nyeri otot setelah aktifitas olahraga badminton. 

Jika benar yang Anda maksud adalah nyeri otot, keluhan Anda akan muncul terutama jika:

  • Anda melakukan aktifitas yang tidak biasa Anda lakukan

  • Anda tiba-tiba meningkatkan level intensitas gerakan anda atau meningkatkan lamanya waktu kerja.

  • Anda melakukan latihan eksentrik, yang malah memperpanjang bukannya memperpendek otot Anda

Perubahan-perubahan yang dilakukan dalam aktivitas yang Anda lakukan ini dapat menyebabkan cedera kecil yang disebut microdamage dalam serat otot dan jaringan ikat yang dikemudian hari akan membuat Anda merasakan sakit pada otot Anda.

Untuk itu, Kami sarankan Anda melakukan pemanasan sebelum beraktivitas guna mencegah terjadinya cedera pada otot. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa aktifitas pemanasan tersebut tidak dapat berbuat banyak untuk mencegah nyeri atau cedera. Beberapa bahan alami telah teruji dan terbukti mencegah sakit otot, termasuk antioksidan seperti vitamin C. Tetapi alangkah baiknya untuk konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum mengambil vitamin apapun dalam dosis yang tinggi.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat,

 

    2 Komentar

    • Ard******FX

      Untuk kondisi nya sendiri kaki tidak mengalami pembekakan,atau biru2 .. Kejadian nya susah hampir 2 tahun...mohon penjelasannya dok,terima kasih

    • Ard******FX

      Dok..sy mengalami sakit pada kaki /awalnya dari betis terasa pegal setelah bermain bukutangkis,tp sampe sekarang masih terasa bahkan jadi berasa ke bagian paha serasa seperti ketarik dari ototnya, Klo boleh tau itu di sebabkan karena apa ya dok? Sy sudah coba di urut/pijit tp belum ada hasilnya