Sukses

Ingin Menyusui,Puting Datar?

26 Feb 2015, 11:31 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok saya sangat membutuhkan solusi atas pertanyaan saya dibawah ini: 1.Puting payudara saya datar,bagaimana cara menumbuhkannya? 2.Usia kandungan saya skr 8 bulan namun ASI belum muncul.Solusinya gimana ya?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih sudah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

 

Sebelumnya, ada pertanyaan yang ingin kami tanyakan. Berapa minggu tepatnya kehamilan Anda? Pada beberapa wanita puting payudara tidak menonjol sehingga dapat menyulitkan bayi ketika menyusu, apalagi bayi abru lahir yang ukuran mulutnya kecil.  Anda tidak perlu kuatir, Anda dapat melakukan latihan yang dapat membuat puting lebih menonjol seperti menarik-narik puting dan memerah payudara sengan pompa ASI. Kedua aktivitas tersebut selain akan memicu puting lebih keluar, juga merangsang produksi ASI. Namun, sayangnya kedua aktivitas tersebut juga dapat memicu persalinan. Kedua aktivitas tersebut aman dilakukan apabila usia kehamilan sudah di atas 36 minggu.

Pada beberapa wanita, ASI sudah keluar pada trimester akhir kehamilan, namun pada beberapa wanita lain belum keluar. Hal ini tidak perlu terlalu dikuatirkan. Jaga kondisi nutrisi Anda selama trimester ketiga dan masa menyusui agar selalu mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk mendukung produksi ASI Anda. IMD (Inisiasi Menyusui Dini) juga sangat penting dilakukan untuk memicu produksi ASI yang cukup. Pada prinsipnya produksi ASI akan menyeimbangkan dengan kebutuhan nutrisi anak Anda. Semakin sering anak Anda disusui, maka produksinya kan semakin banyak. Semakin sering stimulasi pada puting dilakukan, dengan menyusui bayi, dengan menggunakan pompa ASI maka akan semakin memicu produksi ASI dan puting Anda akan semakin keluar. Sehingga kebutuhan nutrisi bayi terpenuhi dan bayi pun lebih mudah menyusu.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar