Sukses

Obat Saraf Pada Kehamilan

12 Mar 2015, 03:06 WIB
Wanita, 35 tahun.

pagi Dok..saat ini saya sedang hamil usia kandungan masih 2 minggu,saat ini saya juga sedang sakit diagnosa dokter saraf saya mengalami kerusakan pada saraf dikepala, aman ga dok di masa kehamilan ini saya masih mengkomsumsi obat saraf?? trim's

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat. Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apapun yang seorang wanita hamil makan atau minum dapat memberikan pengaruh pada janinnya. Seberapa banyak jumlah obat yang akan terpapar ke janin tergantung dari bagaimana obat tersebut diabsorpsi (diserap), volume distribusi, metabolisme, dan ekskresi (pengeluaran sisa obat). Penyerapan obat dapat melalui saluran cerna, saluran napas, kulit, atau melalui pembuluh darah (suntikan intravena).

Obat apa sajakah yang Anda gunakan? 

Terdapat beberapa jenis obat-obatan aman untuk digunakan dalam masa kehamilan, termasuk diantaranya antibiotik, obat untuk saluran pernapasan atas, dan keluhan saluran cerna, dan lainnya.

Namun perlu diketahui bahwa beberapa obat diketahui memiliki efek teratogen (membuat cacat pada janin), termasuk diantaranya Penghambat ACE (obat antihipertensi), isotretinoin (obat jerawat), alkohol, antibiotik tetrasiklin, doksisiklin, dan streptomisin, antikoagulan, litium, obat antikejang, beberapa obat antineoplasma, vitamin A dan turunannya, obat antitiroid, kokain, dan thalidomide.

Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kembali dengan dokter yang meresepkan obat Anda mengenai kehamilan Anda saat ini. Jika telah disesuaikan dengan indikasi medis serta riwayat kesehatan Anda, dokter dapat mempertimbangkan jenis obat lainnya yang aman untuk kehamilan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar