Sukses

Solusi Hipopigmentasi Pasca Peradangan

27 Feb 2015, 16:49 WIB
Pria, 19 tahun.

dok saya memilki bekas luka abses di leher saya yang warnanya lebih terang dari kulit saya jadi terkesan seperti panu. apakah di dokter kulit ada treatmen yang bisa menghilangkannya? atau di dokter kulit ada treatment bleaching full body? thks

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Hipopigmentasi adalah hilangnya / berkurangnya warna kulit. Hal ini disebabkan berkurangnya sel melanosit di kulit akibat dari berkurangnya asam amino tirosin yang digunakan melanosit untuk membuat melanin atau sel pigmentasi (pewarna kulit). Hipopigmentasi yang disertai dengan sisik-sisik halus mengelupas dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu :

  • hipopigmentasi pasca peradangan/luka di kulit

  • pitiriasis versikolor atau dikenal dengan panu

  • pitiriasis alba

  • lepra

  • vitiligo

 

Keluhan yang Anda rasakan, termasuk kedalam hipopigmentasi pasca peradangan. Penatalaksanaan hipopigmentasi pasca peradangan disesuaikan dengan kelainan kulit yang mendasarinya. Proses bleaching yang Anda maksud termasuk kedalam terapi skin health restoration yang menggunakan prinsip koreksi kulit dengan bahan bleaching, namun pada kasus hipopigmentasi tidak dibutuhkan proses bleaching namun terapi yang dilakukan adalah dengan proses blending yang dapat membuat stimulasi kulit.  

Untuk mengetahui tindakan ini lebih lanjut kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung. Dengan demikian, dokter dapat memberikan pengobatan dan tindakan yang optimal. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar