Sukses

Sperma Yang Baik

26 Feb 2015, 09:47 WIB
Pria, 31 tahun.

Selamat Malam Dok.. Dok saya seorang pria. Saya telah berkeluarga dan sampai saat ini belum memiliki keturunan. Saya dan istri saya sangat menginginkan keturunan. Saya pernah melakukan operasi hipospadia di Rumah Sakit Awal Bross Tangerang. Namun setelah operasi saya merasakan sperma yang keluar dari alat kelamin saya spertinya macet2 dok. Sperma yang keluar sedikit dan nanti keluar lagi setelah alat kelamin saya menurun. Dan sperma yag keluar jg encer dok. Pada bulan januari 2015 sya melakukan tes sperma, dan alangkah kagetnya saya bhwa sperma saya yg bergerak lurus cuma 2 dan jumlahnya sedkit dok. Saya diberikan obat vitamin dan disarankan dokter utk kembali lagi dalam waktu 3 bln. Dok saya dan istri saya mungkin akan mencoba melakukan inseminasi, tapi bgamn cara meyuburkan sperma saya dok. Oia dok apakah obat2an herbal sperti semenax, atau Tricajus bisa saya konsumsi dok, utk menambah jumlah sperma saya. Terima Kasih dokter.

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Perlu diketahui untuk terjadi pembuahan kemungkinan paling besar akan terjadi saat wanita sedang memasuki masa subur. Sedangkan sperma yang keluar sudah pasti telah mengalami pematangan didalam tubulus seminiferus dan proses nya dinamakan spermatogenesis. Sel sperma akan matang dalam waktu kurang lebih 48 jam. Apabila ejakulasi terjadi lebih dari satu kali dalam waktu kurang dari 48 jam maka kualitas sperma akan berkurang karena sperma belum matang. 

Kualitas sperma dapat ditingkatkan dengan meningkatkan asupan makanan yang mengandung:

  • Vitamin C: Melindungi sperma dari kerusakan karena oksidasi serta mengurangi aglutinasi sperma (sperma saling menempel)
  • Vitamin B6: Penting dalam pembentukan hormon seks pria
  • Vitamin B12: Bersama dengan asam folat, B12 diperlukan untuk pembentukan materi genetik. Kadar yang kurang menyebabkan produksi sperma yang abnormal, penurunan jumlah sperma, dan kemampan gerak sperma.
  •  Vitamin E: Juga merupakan antioksidan. Membantu sperma dalam penetrasi sel telur.
  •  Zinc: Kekurangan zinc menurunkan kadar testosteron. Suplementasi mikronutrien ini dapat meninkatkan jumlah sperma dan memperbaiki kesuburan.
  •  Arginin dan L-Carnintine: Asam-asam amino yang diperlukan dapal pemebentukan serta fungsi normal sperma.

 Hal lain yang Anda dapat lakukan untuk meningkatkan kualitas sperma yaitu  berolah raga teratur, makan makanan yang banyak mengandung zink (sea food, terong), dan vitamin E (tauge) yang dapat membantu meningkatkan jumlah sperma. Hindari stres dan faktor risiko yang kami sebutkan di atas dapat membantu memperbaiki kualitas sperma. Selain itu, untuk mengetahui kualitas dan kuantitas sperma baik atau tidak, hanya dapat dilakukan dengan pemeriksaan analisis sperma di laboratorium. Di samping mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis andrologi agar dapat diketahui terlebih dahulu kondisi kesehatan sperma Anda saat ini.

Berikut kami sertakan pula artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar