Sukses

Perbedaan Otot Perut dan Nyeri Dada Kiri

18 Oct 2015, 15:46 WIB
Pria, 19 tahun.

dulu sering onani, otot perut atas kiri lebih menonjol n yg kanan kecil juga dada kiri kadang nyeri itu kenapa dok? klo yang kanan enggak. dulu juga jarang olahraga.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Keluhan adanya perbedaan dari tonjolan otot perut bukanlah gangguan medis yang sering terjadi. Untuk itu sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung untuk melihat penyebab kondisi tersebut, apakah benar akibat perbedaan otot, atau disebabkan adanya massa/benjolan atau pembesaran organ yang mendesak dari dalam.

Apakah sebelumnya anda pernah memeriksakan kondsii ini kepada dokter?

Mengenai keluhan nyeri dada kiri, dapat disebabkan oleh berbagai penyebab.

  • Nyeri karena masalah otot dan tulang: biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri akan membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain
  • Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak
  • Nyeri karena saluran pencernaan: biasanya karena maag/GERD. Gejala lain dapat berupa rasa asam atau pahit di mulut, rasa panas atau nyeri di ulu hati. Nyeri ini berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag
  • Nyeri dada karena masalah psikologis atau stress
  • Nyeri dada akibat gangguan jantung. Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. Berdasarkan usia Anda yang masih muda, maka kemungkinan ini dapat terlebih dahulu disingkirkan sampai terbukti benar adanya gangguan pada jantung.

Oleh karena banyaknya kemungkinan yang terjadi, untuk memastikan penyebab keluhan Anda, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang terkait lainnya.

Dan untuk mencari dokter ataupun Rumah Sakit di daerah Anda, Anda dapat menggunakan fitur CARI DOKTER dan CARI RUMAH SAKIT pada kolom direktori Kami.

Berikut beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar