Sukses

Mudah Lelah & Dada Berdebar

26 Feb 2015, 16:27 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, akhir2 ini saya mudah sekali merasa lelah, saya juga mudah ngos-ngosan, berkeringat, dan dada berdebar2 setelah berjalan, pernah satu malam setelah makan saya berjalan kaki dan cukup menanjak, setelah sampai di kamar dada saya sesak, nafas saya pendek2, perut mual, kepala pusing, dan dada berdebar2, kondisi itu berlangsung selama 30 menit, kira2 knpa ya dok? Terima kasih sebelumnya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Keluhan Anda saat ini adalah mudah lelah. berkeringat dan dada berdebar. Perasaan mudah lelah dapat disebabkan oleh asupan makanan yang kurang, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, tekanan darah rendah. Perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu baru dapat mengetahui apa yang harus dilakukan. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk diperiksa lebih jauh. Mungkin diperlukan pemeriksaan laboratorium seperti pemeriksaan darah lengkap. 

Anda dapat mencoba mengurangi aktivitas agar tidak berlebihan, istirahat yang cukup, makan teratur dengan menu gizi seimbang, banyak minum air putih, dan berolahraga teratur (minimal 3x per minggu). Suplemen yang dasar dapat dikonsumsi, namun asupan nutrisi yang bergizi kaya buah dan sayur akan lebih baik.

Kondisi tubuh yang selalu berkeringat dalam dunia medis disebut sebagai hiperhidrosis, hiperaktifitas kelenjar keringat yang dapat dipicu oleh beberapa hal dan biasa diturunkan dalam keluarga.

Hiperhidrosis sendiri terbagi atas 3 yaitu :

  1. Hiperhidrosis fokal primer yaitu kondisi dimana keringat berlebih terjadi pada area tertentu dari tubuh (fokal) di kedua sisi tubuh (umumnya). Lokasi yang sering adalah telapak tangan dan kaki, lengan, kepala, dan wajah
  2. Hiperhidrosis idiopatik generalisasi yaitu kondisi dimana seluruh area tubuh mengeluarkan keringat berlebih
  3. Hiperhidrosis sekunder generalisasi yaitu kondisi keringat berlebih yang dipengaruhi oleh penyakit lain atau kondisi lain seperti menopause, hipertiroid, diabetes melitus (neuropati perifer), atau stroke. Obat-obatan seperti antihipertensi dan antidepresi juga dapat menyebabkan hiperhidrosis. Keringat berlebih juga melibatkan area yang luas di tubuh dan dapat muncul ketika tidur.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam untuk mengetahui diagnosa dan tata laksana yang paling tepat. Kami sertakan artikel yang dapat Anda baca : Jantung Berdebar & Keringat Berlebih (2 February 2015)Penyebab Jantung Berdebar (6 January 2015)

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar