Sukses

Pemeriksaan Lab Herpes

26 Feb 2015, 08:54 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok saya ingin bertanya apakah kalau luka herpes di mulut saya herpes simplek 1 sudah menutup dan tinggal bekasnya saja apakah bisa di katakan herpes saya sudah sembuh ? Dan makanan apa saja yang harus saya konsumsi agar virus saya tidak kambuh lagi ? Dok jika ingin tes darah virus herpes apa nama tes darah tsb dok ? Dan berapa biayanya ? Adakah obat untuk menekan virus herpes yang ada dalam tubuh saya untuk mengurang dan menghilang dok ? Mohon bantuannya trimakasih dok

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Pada kondisi Anda dimana luka sudah mengering, Anda kemungkinan tidak berpotensi menularkan namun kemungkinan virus tersebut bisa aktif lagi dan kelainan kulit muncul kembali. Begitu seseorang terinfeksi HSV baik tipe 1 maupun tipe 2, virus ini akan terus berada di syaraf dalam keadaan laten dan sewaktu-waktu penyakit ini dapat kambuh lagi.

Faktor yang mempengaruhi kekambuhan biasanya adalah kelelahan fisik dan stress mental, atau infeksi lainnya. Hubungan seksual berganti-ganti pasangan meningkatkan kemungkinan terkena. 

Terapi herpes simpleks secara umum adalah menjaga kebersihan daerah kemaluan dan menghindari trauma atau faktor pencetus. Belum ada pengobatan yang memuaskan untuk penyakit ini. Obat anti virus seperti acyclovir biasanya efektif dalam mengurangi frekuensi dan durasi (lamanya) timbul gejala dan mencegah terjadinya komplikasi.

Pemeriksaan laboratorium yang dapat dilakukan adalah IgM Anti HSV 1/2 dan IgG Anti HSV 1/2. IgG Anti HSV 1/2 positif mengindikasikan bahwa seseorang pernah terkena penyakit Herpes Simpleks Genitalis. IgM Anti HSV 1/2 positif mengindikasikan bahwa seseorang sedang menderita penyakit tersebut. Pada kondisi seperti ini Ig M Anti HSV 1/2 positif, seseorang berpotensi menularkan kepada orang lain. Namun yang harus diingat bahwa penyakit Herpes Genitalis ini mungkin saja aktif kembali. Begitu seseorang terinfeksi HSV baik tipe 1 maupun tipe 2, virus ini akan terus berada di syaraf dalam keadaan laten dan sewaktu-waktu penyakit ini dapat kambuh lagi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar