Sukses

Gejala Parkinson

26 Feb 2015, 09:35 WIB
Pria, 25 tahun.

tangan selalu gemetar kalo capek dikit, apa itu gejala parkinson dok??

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter

Parkinson adalah penyakit neurologik kronis progresif yang menyebabkan ketidakmampuan gerak yang semakin memburuk dan semakin mengganggu karena terjadi secara jangka panjang. Terdapat dua jenis parkinson yang perlu Anda ketahui:

  1. Parkinson Primer disebabkan berkurangnya dopamin, karena bertambahnya usia
  2. Parkinson Sekunder disebabkan terhambatnya pengaliran dopamin yang bisa saja disebabkan oleh tumor, stroke, gangguan pembuluh darah dan trauma.

Gejala penyakit Parkinson adalah 

  1. Tremor yang muncul saat istirahat, berkurang jika tangan digerakkan secara sengaja dan menghilang selama tidur 
  2. Rigiditas, yaitu kesulitan dalam memulai suatu pergerakan dan terjadi kekakuan otot, wajah penderita menjadi kurang ekspresif karena otot-otot wajah untuk membentuk ekspresi tidak bergerak
  3. Akinesia, yaitu kesulitan dalam melangkah dan seringkali berjalan tertatih-tatih dimana lengannya tidak berayun sesuai dengan langkahnya
  4. Postural instability, yaitu kesulitan mempertahankan posisi keseimbangan tubuh, kesulitan megatur koordinasi tubuh

Obat yang digunakan untuk mengurangi gejala parkinson berfungsi untuk meningkatkan jumlah dopamin didalam otak sehingga menyebabkan penderita lebih mudah melakukan suatu gerakan dan dapat memperpanjang harapan hidup penderita.

Keluhan yang Anda sebutkan, gemetar ketika capek, kemungkinan bukan merupakan gejala Parkinson. Namun Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter spesialis syaraf.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar