Sukses

Serangga Triatoma

18 Oct 2015, 17:03 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat sore dok, Mau tanya, apakah serangga Triatoma itu sangat berbahaya? karena saya pernah di gigit oleh serangga tersebut 2x dan bentol gede, dan setelah beberapa hari bentolnya hilang tetapi menjadi memar warna biru. dan saya coba browsing lewat goolge hewan tersebut cukup berbahaya. tolong penjelasannya, Terimakasih, Erlin 22 tahun

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Serangga Triatoma (kissing bug) merupakan penyebab dari Penyakit Chagas. Pada penyekit ini, serangga tersebut menyebarkan sejenis parasit ke dalam aliran darah dan bisa berkembang biak di jantung sehingga bisa membuat pembengkakan jantung. Gangguan kesehatan yang terjadi memang tidak langsung terjadi, karena masa inkubasi nya yang cukup lama, bisa dalam hitungan bulan hingga tahun.

Dalam kasus anda, perlu terlebih dahulu dipastikan apakah benar serangga yang menggigit Anda adalah Serangga Triatoma atau jenis serangga lain yang memiliki tampak yang serupa, karena penyebaran dari serangga penyebab penyakit Chagas ini berada di benua Amerika.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar