Sukses

Gejala Diabetes

26 Feb 2015, 16:01 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok,saya seorang ibu 1 anak yg sekarang lagi hamil anak kedua dengan usia kandungan 4 bulan. ahir2 ini saya mengalami gejala2 seperti: - sering buang air kecil (di siang hari saja) - cepat haus dan lapar - penglihatan semakin lemah - penggelapan warna kulit di sekitar leher - mudah lelah. Yang ingin saya tanyakan,apakah gejala2 tersebut memang normal dialami wanita hamil? Menurut referensi yg saya baca,gejala2 tersebut juga termasuk gejala diabetes,jadi saya agak khawatir mengingat saya juga beresiko tinggi terkena diabet karena ada faktor keturunan. Mohon saran dan pencerahannya ya dok,terimakasih sebelumnya!

Terima kasih atas pertanyaan Anda 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah sering kencing di siang hari, cepat haus dan lapar, penglihatan menurun dan kulit sekitar leher menghitam. Beberapa keluhan Anda memang bisa mengarah ke penyakit Diabetes Melitus namun dalam mendiagnosa suatu penyakit dibutuhkan pemeriksaan fisik secara menyeluruh serta pemeriksaan penunjang lebih lanjut yang dalam hal ini bisa dilakukan pemeriksaan gula darah lengkap. Sekilas izinkan kami menjelaskan mengenai Diabetes Melitus.

Diabetes Melitus merupakan salah satu penyakit tertua pada manusia. Berasal dari istilah kata Yunani, Diabetes yang berarti pancuran dan Melitus yang berarti madu atau gula.

Kurang lebih istilah Diabetes Melitus menggambarkan gejala diabetes yang tidak terkontrol, yakni banyak keluar air seni yang manis karena mengandung gula. Oleh karena demikian, dalam istilah lain penyakit ini disebut juga “Kencing Manis”.

Secara definisi medis, definisi diabetes meluas kepada suatu kumpulan aspek gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin baik yang sifatnya absolut maupun relatif.

Gejala klasik diabetes mencakup polidipsi (sering merasa haus), polifagi (sering merasa lapar) dan poliuri (sering buang air kecil, terutama di malam hari. Selain gejala khas di atas, masih terdapat gejala lain yang juga dapat ditemukan pada penderita diabetes:
- pandangan kabur
- kesemutan pada tangan dan/atau kaki
- luka yang tidak sembuh
- gatal-gatal pada selangkangan atau kemaluan
- keputihan (wanita)

- cepat lelah dan mengantuk, hasil kerja menurun

 

Keluhan kulit menghitam di sekitar leher pada wanita hamil normal terjadi hal ini disebabkan adanya peningkatan hormone melanin stimulating hormone sehingga terjadi perubahan warna kulit/ pigmen dimana kulit berubah menjadi lebih gelap. 

Untuk mengetahui keluhan Anda, memang sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter sehingga terapi yang diberikan dapat optimal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar