Sukses

Radioterapi Pada Pasien Kanker Payudara

25 Feb 2015, 19:41 WIB
Wanita, 23 tahun.

Ini pertanyaan untuk ibu saya yang pasien pemulihan kanker payudara stadium 2B. Saat ini beliau sudah menjalani operasi dan seluruh kemoterapi (6x). Hanya saja, sekarang beliau harus menjalani sinar sebanyak 30x. Untuk itu saya ada beberapa pertanyaan : 1) Apakah ada pantangan makanan dan minuman tertentu? Apa yang dianjurkan? 2) Aktifitas apa yang tidak dianjurkan? 3) Apa kelenihan, kekurangan penyinaran pasca kemo? Bagaimana mengatasi efeknya? 4) Area yang digambar boleh kena air dan ada yang tidak, saya bingung mana yang bisa basah/mandi mana yang tidak?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Terapi sinar atau yang disebut radioterapi berperan sebagai pengobatan (kuratif) hingga pasien membaik. Pasien akan membutuhkan radioterapi sehingga kualitas hidupnya membaik dan tumor mengecil.

Memang, semua pengobatan kanker memiliki efek termasuk pengobatan dengan radioterapi ini. Namun, Pengobatan dengan radioterapi hanya bersifat lokal di bagian yang diradiasi, sehingga efek samping yang terjad juga terbatas pada area tersebut. Efek  Samping Radiasi yang biasanya dialami pada penderita kanker payudara :

  • Efek Pada Kulit (radiasi luar): lecet, kemerahan, kehitaman. Oleh Karena Itu, pasien disarankan Untuk;
    • Gunakan sabun lembut
    • Keringkan kulit dengan lembut  JANGAN DIGOSOK
    • Bedak atau lotion harus dengan seijin dokter
    • Gunakan baju yang longgar menyerap keringat
    • Hindari  sinar matahari langsung

Namun, efek itu biasanya dapat  diminimalkan dengan teknik yang canggih. Sehingga, efek samping hanya bersifat sementara. Karena itu, pasien yang selesai menjalani radioterapi pun bisa langsung bekerja.

Terdapat beberapa tips yang bisa dicoba pasien kanker yang mengikuti radioterapi. Pertama, dianjurkan menjaga asupan makanan dan gizi agar seimbang. Tujuannya, meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab, radiasi menurunkan sel-sel darah. Bergantung bagian tubuh yang diradioterapi. Karena itu, gizi makanan harus dijaga. Kedua, menjaga gaya hidup dengan menghindari stres.

Radiasi diberikan tiap hari selama lima kali dalam seminggu. Dosis yang diberikan bergantung berat ringannya kanker yang diderita.

Setelah pasien dinyatakan selesai menjalani terapi radiasi, maka dilakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan radiasi yang diberikan. Evaluasi dapat meliputi:

  •     - Respon pengobatan
  •     - Toleransi pasien
  •     - Efek samping dan akut lambat, dll

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar