Sukses

Mata Minus dan Silindris

25 Feb 2015, 14:44 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dear dokter... sy ingin bertanya; Apakah minus dan atau silinder pada mata bisa disembuhkan? Kemudian, jika mata minus tetapi tidak menggunakan kacamata, namun masih agak jelas dalam melihat haruskah memakai kacamata?bagaimana sebaiknya? Lalu, apakah dengan menggunakan kacamata, mata minus dan atau silinder bisa normal kembali? Dalam pengecekan apakah minus dan atau silinder bisa dilakukan secara bersamaan? TerimaKasih dokter atas perhatianny

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Koreksi mata minus dan silindris adalah dengan menggunakan kaca mata atau lensa kontak. Untuk miopia (mata minus) dapat dikoreksi dengan memakai lensa minus/negatif ukuran teringan yang sesuai untuk mengurangi kekuatan daya pembiasan di dalam mata. Sedangkan untuk silidris dapat menggunakan lensa silindris. Pemberian lensa silinder memang tidak bersifat merubah bentuk bola mata yang sudah ada, tetapi membantu agar sinar yang masuk ke mata menjadi dibiaskan pada satu titik fokus dan kemudian objek yang dilihat menjadi jelas. Kacamata dan lensa kontak ini perlu dipakai dengan rutin agar tidak mengganggu penglihatan dan juga tidak membuat mata menjadi malas dalam melihat sehingga ketajaman dalam penglihatan menjadi berkurang. 

Untuk mencegah penambahan minus dan menjaga ketamanan penglihatan, sebaiknya pasien juga menjalani gaya hidup sehat bagi mata, seperti mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup, mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer, serta makan makanan yang banyak mengandung vitamin A, C, E, Omega-3, Zinc & Selenium. Berikut artikel yang terkait dengan hal tersebut "6 Makanan Untuk Mata Sehat" dan "Asupan Untuk Mata Sehat"

Sedangkan satu-satunya cara untuk mengurangi minus dan silindris dengan tindakan medis adalah dengan melakukan pembedahan pada kornea mata, yaitu dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis (LASIK).

Pemeriksaan mata minus dan silindris dapat dilakukan dalam waktu yang bersamaan dengan. Biasanya akan dilakukan pemeriksaan ketajaman mata terlebih dahulu dilanjutkan dengan pemeriksaan silindris.

Untuk informasi lengkap Anda, saya sertakan artikel mengenai: 

9 Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Tips Agar Mata Tetap Fresh

Penanganan Mata Silinder

7 Cara Medis Agar Mata Tetap Fresh

Delapan Mitos Mata Menyesatkan

Serba-Serbi LASIK

Menjaga Kesehatan Mata

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar