Sukses

BAB Berdarah

25 Feb 2015, 13:52 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok.sudh sminggu in setiap sya BAB diiringi ada darah yg kluar menetes cukup bnyak.pdhl gk ada rsa sakit di perut.itu knpa y dok.trimakasih pnjelasanx

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami dapat memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa BAB berdarah ada dua jenis, yaitu darah berwarna merah dan hitam. BAB dengan darah berwarna kehitaman biasanya disebabkan karena adanya perlukaan/perdarahan di saluran cerna bagian atas (ulkus gaster/ perlukaan lambung, pecahnya varises esofagus pada sirosis). Sedangkan jika darah berwarna merah segar pada feses kemungkinan kelainan terjadi di saluran cerna bagian bawah (kanker kolon, wasir,).

Penyebab BAB Berdarah #1: Wasir

Wasir merupakan pembengkakan dan peradangan akibat pelebaran pembuluh darah vena (varises) di daerah anus. Meskipun bukan termasuk penyakit yang akut, rasa nyeri yang diakibatkan wasir sangatlah menganggu.

Gejala wasir meliputi BAB berdarah berwarna merah segar, ada benjolan di anus saat BAB, dan rasa gatal di sekeliling anus. Seorang dengan wasir disarankan untuk memiliki pola makan yang tinggi serat untuk memperlunak konsistensi feses. 

Penyebab terjadinya wasir bermacam-macam. Wasir dapat diturunkan secara genetik, atau karena memang lemahnya pembuluh darah vena di rektum atau anus, atau juga dapat disebabkan karena terlalu sering dan kuat mengedan (kesulitan buang air besar atau diare).

Duduk yang terlalu lama juga dapat menyebabkan terjadinya wasir. Hipertensi (darah tinggi), obesitas (kegemukan), dan gaya hidup yang malas (tidak aktif) juga merupakan salah satu pencetus terjadinya wasir. Konsumsi alkohol dan kopi dalam jumlah banyak dan sering juga merupakan salah satu faktor pencetus.

Alkohol dapat menyebabkan penyakit hati yang pada akhirnya akan menimbulkan penyumbatan aliran pembuluh darah pada rektum atau anus, sedangkan mengkonsumsi terlalu banyak kopi dapat menyebabkan hipertensi.

Keadaan dehidrasi (kekurangan cairan) dapat juga menjadi faktor penyebab. Dehidrasi dapat menyebabkan tinja yang keras dan kesulitan buang air besar. Kekurangan vitamin E merupakan faktor yang lainnya.

Penyebab BAB Berdarah #2: Kanker Usus

Kanker usus adalah salah satu kanker yang paling umum ditemui. Faktor risiko dari kanker usus meliputi rendahnya konsumsi sayur dan tingginya konsumsi daging merah. Rokok juga meningkatkan risiko terjadinya kanker usus. Gejala dari kanker usus meliputi BAB berdarah, perubahan konsistensi feses, kesulitan buang air besar, dan penurunan berat badan.

Sesuai dengan studi yang dilaporkan di Jurnal of Clinical Oncology pada bulan April 2013 menyatakan bahwa perokok memiliki resiko kematian yang tinggi atau rendahnya remisi dari kanker kolon (usus besar) setelah operasi kolon dibandingkan dengan individu yang tidak merokok.

Penelitian ini dilakukan oleh Amanda Phipps, dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, mencakup 2000 subjek yang dilakukan reseksi kolon (operasi kolon), dimana pada hasil penelitian didapatkan bahwa 74% subjek yang tidak merokok tetap bebas dari kanker 3 tahun setelah operasi dibandingkan 70% dari subjek yang merokok.

Menurut American Cancer Society (ACS), beberapa bahan dalam rokok dapat menyatu dengan ludah seseorang yang nantinya dapat menyebabkan kanker kolon atau kanker lainnya. ACS mengestimasi sebanyak 102.500 orang America akan didiagnosa dengan kanker kolon dan rektum pada tahun 2013, dan sebanyak 40.000 penderita tersebut akan meninggal akibat penyakit tersebut.

Amanda Phipps dan kolega menemukan bahwa perokok dengan kanker kolon memiliki angka kematian lebih tinggi dibandingkan dengan yang bukan perokok. Pada studi terbaru ini, Phipps dan kolega menganalisa 2000 orang antara tahun 2004 dan 2005 setelah orang tersebut melakukan operasi kolon namun sebelum mereka diterapi lebih lanjut. Dari 2000 orang tersebut, sebanyak 931 orang tidak merokok dan 1.028 orang merokok paling sedikit 100 batang pertahun sepanjang hidup mereka.

Penyebab BAB Berdarah #3: Ulkus lambung

Ulkus lambung adalah perlukaan pada lapisan dalam lambung. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan ulkus lambung, diantaranya adalah:

  • peningkatan asam lambung karena merokok,
  • stres,
  • faktor genetik, dan
  • dapat juga disebabkan oleh bakteri (Helicobacter pylori).

Seorang dengan ulkus lambung biasanya mengalami keluhan berupa nyeri ulu hati setelah makan, mual dan perdarahan saat buang air besar namun berwarna gelap.

Penyebab BAB Berdarah #4 : Pecah varises esofagus pada sirosis

Pada penderita sirosis (pengerasan hati), pembuluh darah vena di esofagus (kerongkongan) akan membentuk terbendung dan menjadi varises. Jika tekanan tiba-tiba meningkat, varises tersebut bisa pecah dan darah bisa keluar lewat muntah. Jika darah terlalu banyak dan tertelan, darah akan keluar sebagai BAB hitam karena telah bereaksi dengan cairan lambung.

Untuk mengetahui dengan lebih jelas diagnosis dari keluhan Anda, perlu dilakukan pemeriksaan langsung. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar