Sukses

Pernikahan Satu Marga, Apakah Boleh?

26 Feb 2015, 15:01 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok mw tanya, klo menikah dgn marga yg sama apakah mnrt ilmu kedokteran d perbolehkan? sy dan pasangan tdk ada hub saudara

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Menurut Ilmu Kedokteran pernikahan satu marga tidak ada larangannya dan Anda dapat menikah karena tidak memiliki kemiripan genetik satu sama lain yang akan menyebabkan penyakit genetik pada keturunan Anda, kecuali jika memang Anda dan pasangan memiliki hubungan darah maka pernikahan tidak boleh dilakukan. 

Jika Anda ingin mempersiapkan pernikahan, kami sarankan Anda dan pasangan melakukan pemeriksaan pra-nikah. Pemeriksaan pra nikah meliputi beberapa hal, diantaranya pemeriksaan darah rutin (HB, trombosit, analisa hemoglobin, leukosit), golongan darah dan Rhesus, kencing rutin (urinalisa), hepatitis terutama hepatitis B & C, dan gula darah. 

Jika Anda ingin segera menikah, pada pasangan wanita dilakukan pemeriksaan dengan USG (Ultra Sonografi) bisa melihat apakah seorang perempuan menderita kista, mioma, atau tumor. Jika ada kelainan atau infeksi harus dibersihkan dulu karena bisa menganggu proses kehamilan. 

Untuk pria, ada satu lagi pemeriksaan kesehatan pra nikah yang bisa dilakukan, yaitu tes sperma atau sperma analisa (spermiogram). 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar