Sukses

Sering Pusing Setelah Makan

14 Mar 2015, 13:26 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok mau tanya.,teman saya kalo sarapan pagi banyak ko pusing kunang2 y dok, trus kalo dikagetin pas duduk,kemudian bngung jg pusing trus muntah dok, kira kira knpa y dok, makasi

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Mungkin yang teman Anda alami adalah Postprandial Hypotension yaitu tekanan darah yang tiba-tiba rendah setelah makan. Hal ini terjadi pada sepertiga wanita dan pria di dunia. Kondisi ini juga dapat terjadi jika seseorang tiba-tiba berdiri dengan cepat dari posisi duduk atau tidur, dan dinamakan Postural Hypotension.

Ketika kita makan, di dalam tubuh kita terjadi interaksi kerja antara berbagai sistem termasuk di antaranya adalah sistem pencernaan, sistem persarafan dan sistem peredaran darah (jantung dan pembuluh darah). Pada saat terjadi proses pencernaan, aliran darah difokuskan pada daerah lambung dan usus kecil. Agar mekanisme ini tidak mengganggu aliran darah ke otak, kaki dan bagian tubuh lainnya, jantung akan berdetak lebih cepat dan pembuluh darah di daerah saluran pencernaan akan mengecil. 

Pada beberapa orang, mekanisme ini tidak berjalan dengan baik sehingga tekanan darah menjadi rendah di bagian lain tubuh kecuali sistem pencernaan. Hal ini dapat menimbulkan keluhan:

Dan bahkan pada kondisi yang cukup berat dapat menyebabkan terjadinya stroke kecil. Beberapa cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan:

  1. Minum sekitar 350-500 mL air sebelum makan.
  2. Makan dalam jumlah sedikit-sedikit dan tidak terlalu banyak.
  3. Makan makanan berserat lebih banyak.
  4. Berbaring atau duduk 30-60 menit setelah makan dapat mengurangi keluhan.

Jika keluhan-keluhan setelah makan tidak berkurang maka sebaiknya teman Anda memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lengkap lebih lanjut sehingga dapat diketahui apakah ada penyebab lain yang menyebabkan keluhan tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar