Sukses

Apakah Paru-paru Basah = TBC?

25 Feb 2015, 09:57 WIB
Wanita, 29 tahun.

apakah paru - paru basah sama dengan TBC ?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun, dalam dunia kedokteran tidak mengenal istilah paru-paru basah. Kemungkinan yang dimaksud masyarakat awam dengan paru-paru basah adalah efusi pleura, yaitu suatu keadaan dimana terdapat cairan di dalam rongga antara paru-paru dan dinding dada (selaput pembungkus paru). Cairan di selaput pembungkus paru dapat disebabkan oleh adanya infeksi pada paru-paru seperti TBC ataupun infeksi bakteri, jamur lainnya, selain itu adanya cairan di selaput pembungkus paru dapat disebabkan oleh kanker dan penyakit jantung kongestif. Bila memang disebabkan oleh infeksi TBC maka penyakit tersebut menular. Jadi perlu diketahui dahulu penyebab cairan tersebut apa.

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis yang bersifat sistemik, yang dapat bermanifestasi pada hampir semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer. TBC ditularkan melalu droplet/udara.

Gejalanya berupa: batuk lebih dari 3 minggu, batuk darah, sesak napas, nyeri dada, berat badan turun, nafsu makan turun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi, dan mudah lelah. Pengobatannya dengan obat anti tuberkulosis (OAT) yang diberikan secara 6 bulan dan harus diminum setiap hari secara teratur. Obat yang tidak diminum secara teratur dapat menyebabkan resistensi (kekebalan) kuman. Jika sudah terjadi resistensi, OAT tidak ampuh lagi membunuh kuman TBC dan kondisi ini akan memperparah penyakit TBC yang diderita.

TBC ditularkan melalui udara, jadi yang terpenting adalah menjaga daya tahan tubuh dan mencegah kontak langsung. Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan dengan:

  • olahraga teratur 3x/minggu selama minimal 30 menit setiap sesinya
  • memenuhi kebutuhan nutrisi dengan makanan bergizi
  • istirahat cukup, tidur minimal 7-8 jam/hari
  • hindari stres

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis paru agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan diketahui diagnosis pasti Anda sehingga dapat diberikan penanganan yang optimal.

Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar