Sukses

Test Pack Samar dan Flek Kecoklatan

25 Feb 2015, 10:00 WIB
Wanita, 24 tahun.

Saya flek2 coklat sejak pertama siklus haid tapi saat saya test pack hasilnya positif dg strip bawah samar, apakah saya hamil

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pemeriksaan test pack dapat membantu dalam diagnosis kehamilan, namun bukanlah tanda pasti kehamilan. Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan dua garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu.

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (samar atau belum terdeteksi), Anda dapat mencoba testpack ulang 1-2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Jika hasil test pack positif, lakukan pemeriksaan USG 2 minggu kemudian. Pada kasus Anda, dimana pada pemeriksaan memberikan hasil dua garis yang berbeda warna, maka kemungkinan Anda dalam keadaan hamil.

Keluarnya bercak darah atau flek saat hamil memang perlu mendapat perhatian lebih karena dapat menjadi pertanda suatu bahaya bagi janin yang dikandung, namun memang pada 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan) akibat perlekatan janin ke dinding rahim. Beberapa hal lain yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek selama kehamilan diantaranya adalah:

  • Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah
  • Keguguran 
  • Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)
  • Blighted Ovum (BO). Merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembang
  • Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri
  • Plasenta previa atau Solusio plasenta (pelesapan plasenta dari dinding rahim). Merupakan penyebab perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan

Oleh sebab itu kami sarankan Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda untuk memastikan apakah Anda dalam keadaan hamil atau tidak. Hingga terbukti sebaliknya (tidak hamil), maka sebaiknya Anda memperlakukan diri Anda seperti sedianya Ibu yang sudah hamil. Anda perlu memperhatikan makanan yang Anda konsumsi, kebutuhan nutrisi dan juga istirahat yang cukup. Untuk itu, Anda dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki untuk panduan informasi lengkap dalam menyambut kehamilan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar