Sukses

Sakit karena Gigi Geraham Bungsu ?

25 Feb 2015, 11:34 WIB
Pria, 23 tahun.

Permisi klikdokter.com, sudah 2 hari ini gusi di rahang bawah kanan bagian belakang saya sakit tepat nya di samping gigi geraham bungsu yang sedang dalam proses pertumbuhan. Pertanyaan saya adalah, apakah ini adalah dampak dari proses pertumbuhan gigi bungsu di bagian kanan rahang bawah saya? Atau mungkinkah juga disebabkan karena adanya plak/kotoran yang menumpuk disekitar gusi geraham paling belakang tersebut? Kebetulan juga saya tidak sempat untuk menggosok gigi karena terlalu fokus pada penulisan skripsi sehingga saya kadang lupa dan tidak sempat untuk membersihkan mulut saya.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Sangat banyak kasus-kasus gigi molar tiga tumbuh miring atau terhalang tulang (impaksi) atau yang seperti Anda alami dengan posisi mengarah ke pipi, dan pada sebagian besar menyebabkan timbulnya rasa sakit luar biasa hingga tidak dapat membuka mulut, atau ada juga yang tidak timbul keluhan sama sekali. Pada kasus lainnya hanya tumbuh sebagian sehingga gusinya juga terbuka sebagian sehingga membentuk celah. Adanya celah ini menyebabkan makanan mudah terjebak dan sulit  dibersihkan hingga seringkali gusi di daerah mahkota gigi yang baru tumbuh sebagian tersebut bengkak dan sakit sekali.

Hingga saat ini masih terdapat perdebatan di antara para ahli, apakah gigi molar tiga yang impaksi (gigi geraham bungsu yang tidak dapat tumbuh secara normal) tanpa keluhan perlu dicabut atau dibiarkan saja. Menurut suatu penelitian, sekitar 25-70 persen gigi molar tiga tanpa gejala yang dipertahankan, akhirnya tetap harus dicabut dikemudian hari. Dari penelitian lain menyatakan gigi molar tiga yang dicabut tidak akan menimbulkan masalah dan pasien akan tetap memiliki fungsi pengunyahan yang normal.

Bila gigi molar yang impaksi ini telah menimbulkan gangguan maka terapi yang direkomendasikan lebih kearah pencabutan gigi tersebut karena hanya dengan minum obat saja hanya akan menghilangkan gangguannya sementara dan tidak menghilangkan penyebabnya, jadi gangguan yang ditimbulkan oleh karena impaksi ini akan berulang kembali. Sebaiknya Anda kembali periksakan keadaan tersebut ke dokter gigi atau dokter gigi bedah mulut guna mendapatkan terapi dan tindakan yang tepat.

Menjaga kebersihan gigi dan mulut sebaiknya tidak diabaikan karena hal ini merupakan bagian dari menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Rongga mulut dan gigi yang tidak bersih dan sehat akan berdampak timbulnya penyakit dan masalah lainnya seperti bau mulut/halitosis. Jadi sebaiknya sempatkanlah Anda menyikat gigi selama 2-3 menit dan dilakukan 2 kali sehari.

Berikut artikel terkait pertanyaan Anda yang dapat dibaca, Impaksi Molar Tiga

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar