Sukses

Skrofuloderma atau Bukan?
25 Feb 2015, 09:50 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok,mau tanya,apakah Benjolan dileher dengan diagnosa TB yg berubah menjadi abses,apakah harus dioperasi atau tidak,saat ini saya sedang menjalani pengobatan TB,benjolan sempat mengecil dan lembek,namun serkarang bertambah besar dan sakit banget,,,thanks

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada keluhan yang Anda rasakan, gejala abses yang saat ini Anda alami tidak sesuai dengan gejala abses pada TB. Abses pada TB biasanya merupakan abses dingin, yaitu abses tanpa tanda radang, sehingga tidak memberikan keluhan nyeri. Abses yang terjadi pada Anda saat ini kemungkinan disebabkan oleh bakteri lain, bukan Mycobacterium Tuberculosis. 

Abses lain yang biasa menyerang kulit paling sering disebabkan oleh  jenis streptococcus dan staphylococcus. Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Obat untuk mengobati bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah antibiotik, bisa berupa topikal (dioleskan) ataupun oral (tergantung jenis furunkel). Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut. 

Kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan ditata laksana secara optimal. Pemeriksaan lanjutan penting dilakukan untuk mengetahui apakah ini benar masih infeksi TB atau infeksi bakteri lain. Penatalaksanaan yang diberikan tergantung diagnosis akhir.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar