Sukses

Diet untuk Diabetes

25 Feb 2015, 10:46 WIB
Wanita, 20 tahun.

Yth.Bapak/Ibu Dokter, selamat sore dok, saya mau bertanya dikeluarga saya ada gen diabetes, apa boleh saya tidak mengkonsumsi nasi? melainkan sayur sebagai gantinya ?seperti kentang ? mohon sarannya dokter . terima kasih.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Pola makan yang baik untuk penderita Diabetes Mellitus (DM) adalah makan yang sering dalam porsi seimbang. Komposisinya adalah 3 kali makan besar (pagi, siang, dan malam) dan diselingi makanan kecil diantara waktu makan besar. Makan besar meliputi sepiring nasi (atau pengganti karbohidrat lain, bisa berupa kentang, jagung, dll) dalam porsi sedikit, lauk yang rendah lemak dan tinggi protein (seperti ikan), sayuran, serta buah-buahan. Intake makanan harus dijaga sebanyak 1,000 - 1,200 kcal/sehari. Makanan difokuskan dengan perbanyak sayur, buah, kurangi kabohidrat (nasi diganti dengan kentang atau nasi merah), lemak dikurangi. Ada suatu tabel bernama "Glycemic Index" yang anda dapat lihat sebagai pedoman anda dalam mengkonsumsi makanan.

Diantara makan besar perlu diselingi dengan makanan-makanan tambahan yang ringan seperti selembar roti gandum, biskuit gandum atau biskuit yang rendah kalori, dapat juga mengonsumsi buah-buahan. Usahakan mengurangi konsumsi karbohidrat dan lemak, serta perbanyak konsumsi serat.

Untuk penggunaan gula (atau pemanis lainnya) dapat diganti dengan gula yang rendah kalori atau gula untuk penderita diabetes mellitus seperti yang sudah banyak beredar di pasaran. Begitu juga bila mengonsumsi susu ataupun sirup, sebaiknya pilih yang rendah kalori. 

Konsumsi garam juga harus diperhatikan. Jangan terlalu banyak makan makanan asin atau yang diasinkan karena akan dapat menyebabkan terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. 

Disamping itu, guna mendukung proses diet, diperlukan kegiatan jasmani lebih intens dan secara teratur sesuai dengan kesukaan, seperti halnya aktifitas jalan kaki, naik sepeda, senam, berenang, dll. Kegiatan fisik sebaiknya dilakukan dengan berolahraga ringan-sedang selama 30 - 45 menit dalam sehari, selama 3 -5 kali dalam seminggu.
 
Untuk informasi lebih mendalam, silahkan klik akses tautan berikut ini: Rubrik Diabetes Klikdokter.com

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar