Sukses

Bunyi Krek pada Tulang Dada

16 Oct 2015, 11:15 WIB
Pria, 21 tahun.

Siang dok.saya mau tanya . tulang dada saya sakit bagian tengh .dan jika dada di busungkan terdengar bunyi krekk. Itu knp yaa. .membuat say g nyman beraktivitas. Trimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bunyi krek yang Anda dengar saat menarik napas panjang dengan dada membusung ke depan, kemungkinan besar berasal dari persendian rongga dada. 

Bunyi 'krek' (cracking sound) yang terdengar saat mengegrakan sendi-sendi tubuh, secara umum adalah kondisi yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Penjelasan tentang bunyi 'krek' ini masih belum diketahui seutuhnya.

Satu teori mengatakan bahwa bunyi berasal dari ligamen yang mengencang dengan cepat, atau dari perubahan posisi tendon di sekitar sendi, saat sendi digerakkan. Teori lain mengatakan bahwa bunyi berasal dari perpindahan gelembung udara yang terdapat di dalam cairan sendi, saat sendi digerakkan.

Bunyi 'krek' saja yang tidak disertai keluhan lain tidak memerlukan tindakan khusus dan tidak akan menimbulkan problem di kemudian hari. Tidak ada obat, suplemen, latihan otot, dan olahraga tertentu untuk mencegah timbulnya bunyi ini.

Apabila bunyi 'krek' yang Anda alami ini disertai rasa nyeri, pembengkakan, kesulitan, dan keterbatasan gerak sendi, maupun gangguan fungsi tubuh yang lain, kami menyarankan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis ortopedi untuk mengetahui penyebab keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar