Sukses

Sariawan Pada Kelamin

24 Feb 2015, 14:50 WIB
Wanita, 33 tahun.

Dok, awalnya seperti ada jerawat di bibir vagina saya, tapi sudah satu minggu ini bentuknya jadi seperti sariawan. tidak gatal hanya saja jika tekena gesekan dan air menjadi agak perih. apakah bisa diobati sendiri dulu atau harus segera ke dokter? Terimakasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi di klikdokter.com

Sariawan pada daerah kelamin umumnya dapat disebabkan oleh dua penyebab yaitu sifilis dan ulkus mole (haemophilus ducreyi). Keduanya merupakan infeksi menular seksual.

Sifilis merupakan infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum. Sifilis ditularkan melalui kontak seksual dengan lesi terinfeksi, dari ibu ke anak dalam rahim, melalui transfusi darah, dan sangat jarang sekali melalui luka di kulit yang terkena dengan luka sifilis.

Sifilis dibagi menjadi sifilis primer, sekunder dan latent. Sifilis primer terjadi 3 minggu setelah kontak dengan penderita. Gejala yang muncul adalah luka pada kelamin disertai dengan pembengkakan kelenjar getah bening. Luka yang muncul biasanya satu luka dapat besar atau kecil. Sifilis sekunder terjadi 2 - 10 minggu setelah luka pada kelamin dan dapat melebar 3 - 4 bulan setelah infeksi. Luka pada sifilis sekunder ini menyebar ke seluruh tubuh dimana bentuk luka tersebut adalah merah-merah terkadang disertai perasaan mual, nyeri dan lemas. Bentuk latent dapat timbul setelah 25 tahun terinfeksi, gejala yang dapat muncul dapat berentuk sifilis jenis primer ataupun sekunder yang dapat menginfeksi otak dan menyebabkan kematian

Veneral Disease Research Laboratory (VDRL) adalah pemeriksaan skrining untuk penyakit sifilis. Pada orang sehat, hasilnya negatif. Hasil VDRL 1:8 menunjukan positif. Berdasarkan penelitian VDRL positif , dapat disertai dengan hasil positif palsu atau benar-benar positif dengan titer rendah. Hasil positif palsu dapat dibagi menjadi 2 yaitu :

  • Akut : dapat disebabkan infeksi virus , bakteri , imunisasi , parasit malaria

  • Kronik : dapat disebabkan oleh SLE , penyakit kardiovaskular , gangguan autoimun dan paling sering (70%) ditemukan pada wanita

Ulkus mole adalah penyakit infeksi pada alat kelamin setempat disebabkan oleh Haemophilus Ducreyi dengan gejala luka yang nyeri dan sering disertai dengan pembesaran kelerjar getah bening.  

Untuk menentukan diagnosis diperlukan pemeriksaan luka langsung oleh dokter. Setiap diagnosis penyakit memiliki obat yang spesifik sesuai untuk membunuh kuman penyebab. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk mendapat menentukan diagnosis dan  pengobatan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar