Sukses

Nyeri Perut, Kadang Sakit Kadang Tidak

09 Mar 2015, 14:43 WIB
Wanita, 27 tahun.

kalau nyeri perut, kadang sakit kadang tidak 1minggu menjelang haid, apakah normal atau tidak?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Sebelum melanjutkan, ada beberapa pertanyaan yang perlu kami ajukan: Bagian perut sebelah mana tepatnya yang sering nyeri?sudah berapa lama hal ini berlangsung? Sejak kapan berlangsung? Apakah baru kali ini terjadi?  Bagaimana gambaran rasa sakitnya (apakah nyeri tajam atau nyeri tumpul?) Adakah keluhan menyangkut BAK (buang air kecil)? Apakah terdapat keluhan terhadap BAB (buang air besar)? Apa yang sudah Anda lakukan untuk mengatasi nyeri Anda dan bagaimana hasilnya? Bagaimana dengan siklus menstruasi Anda selama ini? Adakah posisi tertentu yang membuat nyeri semakin terasa sakit?

Sulit untuk menentukan diagnosis kondisi kesehatan Anda saat ini dengan informasi yang terbatas.  Namun diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk menentukan diagnosis Anda karena pada wanita keluhan nyeri pada perut juga dapat disebabkan karena masalah pada sistem reproduksi seperti kehamilan ektopik terganggu (KET), kista ovarium, kanker ovarium, endometriosis, atau mungkin gangguan ginjal, infeksi saluran kemih.

Untuk  itu, jika keluhan Anda dirasakan mengganggu dan telah berlangsung lama, kami sarankan Anda mengunjungi dokter agar dapat memperoleh penanganan yang optimal segera. Dokter akan melakukan wawancara medis mendetil, melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin memerlukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, USG daerah perut, pemeriksaan radiologi untuk melihat organ-organ di rongga abdomen Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar