Sukses

KGB

25 Feb 2015, 13:23 WIB
Wanita, 29 tahun.

anak saya usia 15 bulan. terdapat benjolan kecil di bagian bawah belakang kepala sebelah kiri. bila diraba terasa lunak dan bergerak. kira2 itu knp ya? dan ada bisul di belakang kepala. terima kasih..

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Benjolan kecil di bagian bawah belakang kepala sebelah kiri tersebut kemungkinan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening (KGB) merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia. Keluhan anak Anda adalah terdapat benjolan kecil di bagian bawah belakang kepala sebelah kiri. Untuk memastikan apakah ini KGB atau bukan diperlukan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. Berikut gambaran KGB leher manusia.

Image result for kelenjar getah bening

Kekenyalan, kelekatan KGB dengan jaringan sekitar, adanya nyeri atau tidak sangat penting untuk menentukan diagnosis. Apabila benar itu adalah KGB, pembesaran KGB yang kenyal, tidak melekat ke jaringan sekitar (dapat digerakkan), tidak nyeri, biasanya disebabkan oleh peradangan atau infeksi. Apabila lokasi pembesaran KGB di belakang telinga. kemungkinan adanya peradangan atau infeksi dari gigi mulut, telinga, hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Sebaiknya untuk memastikan diagnosis dan tatalaksana lebih lanjut Anda menghubungi dokter anak terdekat.

Obat untuk mengobati bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah antibiotik, bisa berupa topikal (dioleskan) ataupun oral (tergantung jenis furunkel). Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut. 

Kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan ditata laksana secara optimal. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar