Sukses

Penggunaan Pembersih Vagina

24 Feb 2015, 12:53 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya ingin menanyakan soal keputihan, yang sering keluar dalam keputihan berwarna bening tapi berubah berwarna putih susu, apakah itu aman dok? Dan waktu itu saya menggunakan sabun pembersih vagina setiap hari, saya tidak tau ternyata penggunaannya tidak boleh dilakukan setiap hari karna bakteri baik akan mati, jadi apa yang harus saya lakukan untuk mengembalikan bakteri baik tersebut? Karna bibir vagina saya selalu merah saya yakin sepertinya iritasi dan bagaimana ya dok mengembalikan ph asam? Dan bagaimana mengharumkan vagina? Terimakasih dok (:

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarkan keluhan yang Anda rasakan Anda mengalami keputihan. Apakah keputihan Anda gatal?Adakah keluhan lain yang menyertai? Gatal, berbau? 

Apabila tidak kemungkinan keputihan Anda masih bersifat normal. Namun apabila iya, kemungkinan terdapat infeksi. Betul sekali penggunaan sabun pembersih vagina sebaiknya tidak dilakukan setiap hari karena akan mengganggu pertumbuhan bakteri baik. Anda tidak perlu khawatir, apabila infeksi Anda telah teratasi, pertumbuhan bakteri baik akan kembali lagi. Untuk mengharumkan vagina perlu dilakukan dengan cara menjaga kebersihan vagina. Mencuci bersih ketika sehabis berkemih dengan air bersih, mengganti pembalut secara rutin, mengganti pakaian dalam secara rutin. Selain itu diperlukan juga untuk menghindari faktor pencetus infeksi seperti, menggunakan pakaian dalam yang tidak mudah menyerap keringat, menggunakan celana terlalu ketat, menggunakan pantyliners terlalu sering, dsb

 

Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar