Sukses

Bibir kehitaman dan Pecah-pecah

16 Oct 2015, 12:08 WIB
Wanita, 23 tahun.

pagi Dok. mau nanya dok, Bibir suami saya warna kehitam-hitaman, bibir pecah-pecah, berdarah dan tumbuh benjolan di bibir bagian bawah. udah pernah minum obat sariawan tapi gk sembuh-sembuh dok. itu disebabkan karena apa dok, dan apakah bisa disembuhkan?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan bibir berwarna kehitaman antara lain: penggunaan bahan kosmetik yang tidak cocok, alergi, pengaruh hormon, kebiasaan merokok (penyebab tersering), dan nutrisi.

Sayangnya hingga saat ini belum ada terapi yang khusus dapat merubah warna bibir yang kehitamana. Apabila suami Anda merokok, kami menganjurkan suami Anda untuk stop merokok. Selain itu perlu juga untuk mencegah bibir agar tidak kering dan pecah-pecah, yaitu dengan;

 

  • Perbanyak konsumsi air putih, dan terapkan diet sehat dan seimbang dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.
  • Olesi bibir dengan madu atau minyak zaitun murni untuk membantu melembabkan bibir
  • Hindari kebiasaan menjilat apalagi menggigit-gigit bibir. Alih-alih membuat bibir menjadi lembab, kebiasaan menjilat bibir justru dapat membuat bibir bertambah kering. Enzim yang terkandung dalam air liur dapat membuat bibir kering, dan kebiasaan ini dapat membuat bakteri yang terkandung di dalam mulut menumpuk dan membuat sudut bibir pecah-pecah.
  • Konsumsi banyak sayur dan buah-buahan,
  • Konsumsi vitamin B,C,E.

Mengenai keluhan benjolan pada bibir bawah suami anda, akan lebih baik jika diperiksakan langsung. karena sulit bagi kami untuk menentukan penyebabnya karena keterbatasan dalam fasilitas pemeriksaan. Untuk itu, kami menganjurkan suami anda tetap menjalani pemeriksaan kesehatan kepada dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar