Sukses

Infeksi Toksoplasma Pada Mata

29 Jun 2015, 05:07 WIB
Pria, 35 tahun.

keponakan saya mengidap toksoplasmosis yang menyebabkan kesulitan dalam melihat normal, hal itu dikarenakan tokso berada di mata (di pusat penglihatannya). saat ini keponakan saya melakukan terapi obat, setelah saya priksakan di rs dokter kariadi. pertanyaan saya berapa lama terapi obat tersebut harus dilakukan? bisakah keponakan saya bisa melihat secara normal lagi setelah pengobatan?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Toksoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit yang hidup di dalam tubuh kucing. Infeksi toksoplasma yang terkena di mata disebut sebagai ocular toxoplasmosis. Penyakit ini bisa terjadi sejak lahir (kogenital) atau baru terinfeksi (acquired).

Jika kita tidak hati-hati saat membersihkan kotoran kucing, bisa saja parasit ini masuk ke dalam tubuh kita dan menjadi sumber infeksi. Pengobatan dini dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit dan membantu mengatasi keluhan-keluhan yang timbul. Penyakit ini bila terkena di mata dapat menyebabkan peradangan menahun yang terkadang dapat terbentuk scar (bekas).

Untuk terhindar dari infeksi toksoplasmosis, ikutilah langkah-langkah berikut:

  1. Segeralah mencuci tangan setelah bersentuhan dengan kotoran kucing Anda
  2. Hindari makan daging yang belum matang, karena parasit toksoplasma juga dapat hidup di dalamnya.

Pengobatan toxoplasma di mata adalah dengan mengkonsumsi  obat -obatan antibiotik. Mengenai lama pengobatan tergantung dari derajat beratnya penyakit dan respon pasien terhadap terapi, untuk itu kami tidak dapat memastikannya. Namun untuk informasi selanjutnya Anda dapat mengunjungi dokter specialis mata yang menangani keponakan anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar