Sukses

Bintik Merah Gatal dan Menyebar

18 Oct 2015, 15:09 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok saya mau tanya niih . Saya mengalami gatal2 kira2 sudah 3 bulan dan mulai memburuk pertama di ketiak tapi cuma gatal biasa dan enak digaruk. Lama2 timbul bintik merah di sekitar ketiak. Lama2 menjadi benjolan merah. Lama2saya garuk jadi luka tapi ga sakit cuma perih aja. Lalu lama2 timbul bintik merah kecil di pergelangan tangan dan gatal. Lama kelamaan sampai di tubuh terus ke selangkangan sampai di pantat. Kenapa begitu ya dok ? Apa itu gejala alergi ? Terus di tubuh kalo di garuk pecah berair. Tolong jawaban nya ya dok makasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas informasi yang anda berikan

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan anda adalah timbulnya Bintik merah yang gatal pada ketiak dan menyebar pada area tubuh lain. Kami akan mencoba menjelaskan bintik merah secara umum.

Secara umum, bercak-bercak merah memang dapat merupakan kelainan kulit yang dapat terjadi karena alergi atau karena infeksi (misal: jamur, virus). Jika memang karena alergi atau karena kondisi tubuh tertentu, memang tidak dapat hilang sepenuhnya karena mekanisme alergi memang akan selalu muncul selama hal-hal yang menyebabkan alergi tersebut mengenai orang bersangkutan. Yang perlu Anda ketahui adalah penyebab munculnya keluhan ini, kapan saja muncul, sehingga dapat dihindari dan dicegah. Apakah karena obat atau hal-hal atau benda-benda tertentu.

Kelainan kulit akan lebih baik jika didiagnosis melalui pemeriksaan langsung karena sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis dengan informasi yang terbatas, terlebih jika keluhan ini sudah lama dan tidak membaik dengan bedak, bisa saja ini merupakan infeksi kulit dan membutuhkan terapi yang lebih spesifik. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter  saat keluhan bercak merah, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik langsung saat terjadi gejala. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar